Budiman Turut Jajal Lintasan Offroad Yang Ekstrim

IOF, bupati budiman
LUWU TIMUR, Timuronline – Bupati Luwu Timur, H. Budiman sekaligus Ketua IOF Pengcab Luwu Timur bersama Ketua Pengda IOF Sulsel, Adi Rasyid Ali (ARA) dan Forkopimda Luwu Timur melepas secara resmi peserta IOF Overland Luwu Timur yang dilaksanakan pada Sabtu (27/08/2022) di Halaman Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur.
IOF Overland Luwu Timur selain diikuti para Off-roader lokal juga diikuti beberapa Off-roader Sulsel, dan  merupakan event pertama yang dilakukan IOF Luwu Timur setelah Bupati Budiman bersama Pengcab Luwu Timur dikukuhkan pada hari sebelumnya oleh Ketua Pengda IOF Sulsel, ARA.
Usai melepas peserta,Bupati Budiman juga turut memimpin start peserta  Overland Luwu Timur bersama Kajari Luwu Timur, M. Zubair, Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester Mangambo Marusaha Simamora dan Ketua Pengda IOF Sulsel, ARA.
Puluhan Peserta offroad, baik roda empat dan motor trail terlihat bersemangat mengikuti event Overland yang akan digelar hingga hari Minggu, 28 Agustus 2022 di Luwu Timur.
Bupati Budiman yang mengendarai mobil Chevrolet Offroad Hijau didampingi Ketua APINDO Luwu Timur, M. Chaedir Irsad sangat menikmati momen Overland kali ini sembari menyapa para warga yang berada disekitar lokasi lintasan.
Selain itu, Kapolres Luwu Timur bersama Kajari Luwu Timur juga ikut serta dalam kegiatan penjelajahan yang cukup menantang nyali peserta offroader di karenakan kondisi jalan yang ekstrim pasca hujan deras beberapa hari terakhir.
Para peserta IOF Overland Luwu Timur secara tertib menyusuri Kota Malili lalu ke lintasan daerah Tole-tole, Kawata, Ledu-ledu hingga menuju Rujab Camat Wasuponda. Setelah itu kmudian melintasi daerah Tabarano dan Lioka Kec. Towuti dan Kec. Nuha. Para peserta beristirahat sejenak di Spot Perbatasan Sorowako dan dilanjutkan menuju kawasan padat penduduk Desa Nikkel dan Finish di Pantai Ide Sorowako, Kel. Magani, Kec. Nuha.
Baca Juga:
Pada malam harinya, dilanjutkan dengan kegiatan acara makan malam bersama di Pantai Ide yang dihadiri Ketua IOF Luwu Timur bersama Ketua IOF Sulsel, Kajari Luwu Timur serta Manajemen PT. Vale Indonesia dan seluruh peserta IOF Overland.
Ketua IOF Sulsel yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, ARA mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas sambutan hangat dan pelayanan luar biasa yang diberikan oleh Bupati bersama pengcab IOF Luwu Timur.
Beliau yang baru pertama kali mengunjungi Luwu Timur mengakui cukup kagum dengan pesona alam dan konsep perencanaan tata ruang di Luwu Timur yang sangat baik. Ia juga menyatakan kesiapannya dalam mensupport kegiatan IOF yang akan digelar di Luwu Timur.
“Terkait dengan program event IOF Pengda Sulsel, ada beberapa event yang telah rutin kita laksanakan. Diantaranya kegiatan IOF Merdeka yang merupakan bagian dalam menyambut HUT RI setiap tahunnya serta event South Celebes Overland yang menyasar pada lokasi-lokasi wisata yang ada di Sulsel termasuk di Luwu Timur. Harapan kami dengan kolaborasi IOF bersama Pemda Luwu Timur di sektor pariwisata akan semakin banyak pengunjung yang meninggalkan jejak kakinya di Luwu Timur. Selain itu, kami juga akan mengadakan event IOF National Championship pada bulan Oktober di Taman Budaya Maros yang akan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan. Dengan hormat kami mengundang Ketua IOF Luwu Timur untuk ikut serta pada kegiatan tersebut nantinya,” ucap ARA.
Senada dengan itu, Bupati Budiman juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Ketua Pengda IOF Sulsel bersama rombongan di Bumi Batara Guru.
“Kehadiran IOF di Luwu Timur turut berperan serta dalam pemulihan pasca pandemi COVID-19 baik melalui program kemanusiaan dan promosi wisata daerah. Hal tersebut dibuktikan dengan pelaksanaan camping ground Overland Luwu Timur dapat kita lakukan di Pantai Ide setelah sekian lama ditutup selama pandemi. Olehnya itu, saya ucapkan terima kasih kepada manajemen PT. Vale atas izin dan supportnya hingga kegiatan ini bisa terlaksana ditempat ini,” tutur Budiman.
Bupati juga berharap pasca pengukuhan IOF pengcab Luwu Timur, agar mewujudkan program-program pro masyarakat terutama dalam kegiatan sosial. Selain itu, juga akan menjadikan destinasi wisata dan budaya lokal sebagai sektor unggulan selain pertambangan dan pertanian/perkebunan di Luwu Timur.
“Salah satu destinasi wisata unggulan Luwu Timur adalah Desa Matano yang termasuk dalam 50 besar Desa Wisata se-Indonesia dan masih banyak lagi destinasi wisata yang akan terus kita kembangkan dan ditingkatkan pelayanannya. InsyaAllah, tahun depan kita akan membuat event besar IOF dalam menyambut Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu. Kami tunggu kehadirannya kembali teman-teman IOF se-Sulsel,” ungkapnya.
Usai sambutan, para peserta IOF Overland Luwu Timur dihibur oleh musisi lokal serta pengundian hadiah doorprizes kepada peserta beruntung yang mendapatkan hadiah utama berupa Sepeda Listrik, Kulkas, kotak amunisi serta hadiah hiburan lainnya.
Dijadwalkan pada keesokan harinya, di hari minggu, para peserta akan berwisata rafting ke Desa Matano serta mencoba berbagai wahana air yang ditawarkan seperti banana boat, ski air dan perahu kano. (prokopim/ikp-kehumasan/kominfo-sp)