Satri Ajak Pengelola Perpustakaan Desa Kreatif Tingkatkan Minat Baca

Satri Ajak Pengelola Perpustakaan Desa Kreatif Tingkatkan Minat Baca

LUWU TIMUR,Timuronline – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Luwu Timur, Satri mengajak pengelola perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Luwu Timur untuk berpikir strategis dan kreatif guna menarik minat masyarakat datang ke perpustakaan di desa.

Ajakan tersebut disampaikannya saat dirinya didaulat menjadi salah satu pemateri pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Perpustakaan Desa di Masamba 1 Room Hotel Aryaduta, Kota Makassar, Rabu (08/12/2021).

Menurutnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur telah menjalankan beberapa program kerja dalam meningkatkan minat baca, diantaranya Layanan Peminjaman Buku (Sirkulasi) untuk masyarakat umum dan pelajar, Perpustakaan Keliling, Pekan Perpustakaan dengan menggelar Lomba, serta Menciptakan lingkungan dan suasana yang nyaman dan menarik dengan menyediakan Taman Baca, Kedai Baca dan Wifi.

Baca Juga :

https://timur-online.com/warga-pongkeru-usulkan-beberapa-pembangunan-di-reses-najamuddin/

” Semua harus berperan untuk meningkatkan minat literasi, semua fasilitas penunjang harus disediakan, termasuk salah satunya menciptakan lingkungan dan suasana yang nyaman dan menarik,” ucap Satri.

Artikel Lainnya :  Rakerwil KAHMI Pilih Luwu Timur, Bupati : Dulu Juga Saya Mau Gabung di HMI

” Budaya membaca merupakan hal yang sangat penting untuk membantu sebuah negara ataupun daerah menjadi lebih maju dan berkembang, sehingga meningkatkan minat literasi penting untuk dilakukan,” ujarnya menambahkan.

Pengelola perpustakaan, lanjutnya, agar menjalin kerjasama dengan penggiat literasi dalam hal sosialisasi dan bedah buku Dengan bermitra, pengelola perpustakaan dapat memanfaatkan kerjasama tersebut untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Dan pada akhir pemberian materinya, Ummi Rahmawati berharap agar setelah Pelatihan para peserta mampu mengelola perpustakaannya dengan baik serta adanya persamaan persepsi dalam mengelola perpustakaan Desa. Selain itu juga terjalin adanya kerjasama yang sinergi dengan Pemerintah baik tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

Sebagai informasi, Bimtek Pengelola Perpustakaan Desa diikuti 50 peserta dan dibuka langsung Bupati Luwu Timur, H. Budiman. (hms/ikp/kominfo)

Inline Related :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.