Menu

Mode Gelap
Kalahkan Yordania, Timnas Indonesia U23 Lolos ke Babak Delapan Besar, Korea atau Jepang Calon Lawan Pemkab Lutim Ikuti Gerakan Peduli Stunting Secara Virtual Jaga Kelestarian Bumi, Pemkab Gelar Penanaman Pohon Laga Penentuan Group A Piala Asia U23, Tiga Negara Berebut Posisi Runner Up Termasuk Indonesia U23 Ini Run Down Kegiatan HUT Luwu Timur ke-21 Hadiri Perayaan Syukur Peresmian Gereja, Ini Pesan Wakil Bupati Luwu Timur

LUWU TIMUR · 2 Mar 2024 10:05 WITA · Waktu Baca

Pembukaan MTQ ke-X Luwu Timur Berlangsung Meriah


					Pembukaan MTQ ke-X Luwu Timur Berlangsung Meriah Perbesar

LUWU TIMUR,Timuronline – Pemukulan Bedug dan penyerahan piala bergilir oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman kepada Ketua Panitia MTQ, H.M. Siddiq, BM. menandai dimulainya penyelengaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke X Tingkat Kabupaten Luwu Timur Tahun 2024, Jum’at malam (01/03/24).

MTQ yang dihelat di Lapangan depan Kantor Camat Kalaena selama sepekan ini diikuti 11 Kecamatan se-Kabupaten Luwu Timur.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, memohon ridho Allah SWT, MTQ X tingkat Kabupaten Luwu Timur tahun 2024 di Kecamatan Kalaena, saya nyatakan dibuka dengan resmi,” ucap H. Budiman sebelum memukul bedug bersama Ketua Panitia MTQ X, HM. Siddiq, BM.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam arahannya mengatakan bahwa, penyelengaraan MTQ ini merupakan salah satu agenda rutin pemerintah daerah disektor keagamaan.

Kegiatan syiar Islam ini, kata Bupati dtujukan dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an. MTQ bukan hanya sekedar ajang perlombaan, tetapi juga sebagai upaya peningkatan kualitas melalui wujud nyata komitmen untuk mempelajari, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui MTQ ini, lanjutnya, diharapkan dapat melahirkan generasi Qur’ani yang berakhlak mulia, cerdas, dan berwawasan luas. Generasi yang mampu menjadi tauladan bagi masyarakat dan membawa kemajuan bagi bangsa dan negara.

“Mari kita lihat lomba ini bukan sekedar kompetisi, tetapi sebagai sarana untuk saling memotivasi dan memberikan yang terbaik demi kemajuan dan keberkahan bersama,” ujar Bupati H. Budiman.

Selanjutnya, kepada seluruh peserta MTQ, Bupati mengucapkan selamat bertanding, tetap menjunjung tinggi sportifitas dan menjadikan MTQ ini sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas diri dan mempererat tali silaturahmi.

Sementara sebelumnya, Ketua Panitia MTQ X, HM. Siddiq BM. dalam laporannya menyampaikan bahwa, MTQ X tingkat Kabupaten Luwu Timur tahun ini diikuti 617 peserta yang merupakan utusan 11 Kecamatan se Kabupaten Luwu Timur dengan 7 cabang yang diperlombakan.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Pimpinan DPRD yang telah menyokong kegiatan ini hingga terlaksana dengan baik.

Selain itu, ucapan terima kasih juga Ia sampaikan kepada panitia, dewan hakim dan panitera atas kerjasamanya sehingga terlaksana acara MTQ ini.

Secara khusus HM. Siddiq menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kecamatan, KUA dan Tokoh Masyarakat serta masyarakat Kalaena yang telah bersedia menjadi tuan rumah.

“Semoga sepekan kedepan ini Kalaena akan menorehkan sejarah bahwa Kalaena akan menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan even kali ini,” ujar HM. Siddiq yang juga merupakan Ketua Harian LPTQ Kabupaten Luwu Timur.

Pada pembukaan MTQ ini, turut dimeriahkan dengan penampilan tari kolosal dari Sanggar Seni Lili UPT SP SMPN 1 Kalaena, nampak terlihat para siswa menunjukkan kebolehannya menari dengan iringan beberapa lagu.

Selain itu pada kegiatan ini juga turut dimeriahkan atraksi Marching Band Gema Nada dari santri Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo saat mengiringi devile kafilah/parade kontingen dari tiap kecamatan dengan hiasan yang penuh kreasi dan bernuansa Islami.

Kemeriahan itu terlihat dari tepuk tangan para tamu undangan dan masyarakat setempat yang hadir pada kegiatan upacara pembukaan MTQ tersebut.

Pada pembukaan MTQ juga dirangkaikan dengan launching Gerakan Bersih Bersih Masjid di Hari Jum’at (Berjihat) oleh Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Luwu Timur dengan membagi bagikan alat pembersih kepada Ketua TP PKK masing masing kecamatan.

Dalam pembukaan MTQ X 2024 Tingkat Kabupaten Luwu Timur, turut dihadiri Ketua DPRD, Aripin beserta sejumlah anggota DPRD Luwu Timur, Sekda Luwu Timur, H. Bahri Suli, Wakapolres Luwu Timur Kompol. Syamsul, Pabung Luwu Timur, Mayor CBA Bachtiar, Ketua Dewan Hakim beserta para anggota.

Juga hadir di kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty dan Ketua Dharma Wanita Persatuan, Hj. Masrah, Kepala OPD, seluruh Camat beserta para Kades Lingkup Pemkab Luwu Timur. (kominfo-sp)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkab Lutim Ikuti Gerakan Peduli Stunting Secara Virtual

22 April 2024 - 19:33 WITA

luwu timur

Jaga Kelestarian Bumi, Pemkab Gelar Penanaman Pohon

22 April 2024 - 18:47 WITA

Hari Bumi

Ini Run Down Kegiatan HUT Luwu Timur ke-21

21 April 2024 - 09:07 WITA

HUT Lutim

Hadiri Perayaan Syukur Peresmian Gereja, Ini Pesan Wakil Bupati Luwu Timur

19 April 2024 - 22:19 WITA

Luwu Timur

Pemkab dan DPRD Lutim Studi Tiru ke Bogor Belajar Perda KLA

19 April 2024 - 19:08 WITA

DPRD Lutim
Trending di DPRD LUTIM