Kunjungan Datu Luwu, Begini Konsep Usulan Bupati Lutim Terkait HPRL

oleh -16 views
Kunjungan Datu Luwu
judul gambar

LUWU TIMUR,Timuronline – Bupati Luwu Timur, H. Budiman, didampingi Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty, menyambut kunjungan Sri Paduka Datu Luwu ke-40.

Beliau adalah La Maradang Mackulau Opu To Bau, bersama Permaisuri, Opu Datu Lina Widyastuti, di rumah jabatan Bupati Luwu Timur di Malili, Minggu (18/07/2021).

Kunjungan ini merupakan rangkaian perjalanan Datu Luwu ke seluruh Pemerintah Daerah se Tana Luwu dengan tujuan membangun sinergitas dan merekatkan silaturahmi Kedatuan Luwu dengan seluruh Kepala Daerah se Tana Luwu.

Dalam kunjungan ini, Budiman menyampaikan beberapa hal terkait program pelestarian budaya. ‘

” Kami telah mengeluarkan Surat Edaran bahwa setiap tanggal 10, seluruh ASN Luwu Timur akan menggunakan pakaian adat nusantara sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya nusantara,” jelas Budiman.

Artikel Menarik Lainnya :  Tahun 2018, Pajak IMB di Lutim Terealisasi 84 Persen

Baca Juga : 

Budiman Tawarkan Konsep HPRL

Selain itu dia juga menawarkan konsep kolaborasi pelaksanaan Hari Perjuangan Rakyat Luwu (HPRL) yang diperingati setiap tanggal 23 Januari. Ia menyarankan agar dibentuk lembaga formal yang bertanggung jawab atas pelaksanaan peringatan HPRL setiap 23 Januari. Yang mana Ketua Lembaga akan digilir setiap dua tahun sekali oleh masing-masing Kabupaten/Kota se Tana Luwu.

” Pelaksanaan HPRL 23 Januari diharapkan tidak berupa upacara saja, tetapi juga dapat ditambahkan berupa kegiatan pameran budaya, temu bisnis, temu wisata, dan pagelaran budaya,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Bongkar Muat Ikan Bukan di Tempatnya, Warga Baruga Keberatan

Konsep membentuk lembaga formal ini mendapatkan respon yang positif dari Datu Luwu ke-40, La Maradang Mackulau Opu To Bau. Menurutnya, konsep ini perlu segera ditindaklanjuti.

” Kami akan memprakarsai pertemuan seluruh Kepala Daerah bersama Ketua DPRD se-Tana Luwu tanpa diwakili sehingga lembaga formal ini dapat terbentuk. Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari program Kepala Daerah yang sebelumnya telah disepakati sebelum pak Budiman menjabat Bupati Luwu Timur,” jelas La Maradang.

Sektor petanian juga merupakan salah satu fokus pertemuan silaturahmi ini. Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga menyarankan agar program-program pertanian di kabupaten/kota se-Tana Luwu bisa disinergikan sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat sebesar-besarnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Ini Masukan TGPP Sulsel Kepada TGPP Lutim

“Kita butuh menyatukan persepsi sehingga ada penetapan Tata Ruang Wilayah se Tana Luwu yang memetakan potensi daerah,” jelas Budiman.

Dalam kesempatan ini, YM Datu Luwu ke-40 juga menyematkan pin Kedatuan Luwu Kepada Bupati Luwu Timur, H. Budiman dan YM Permaisuri Opu Datu, Lina Widyastuti menyematkan pin Kedatuan Luwu kepada Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty.

Turut hadir mendampingi Datu Luwu ke-40 Putri Pariwisata Luwu Timur 2021, Anita Wulandari, Putri Pariwisata Luwu Utara 2021, Abigail Grasela Pasande, Putri Pariwisata Luwu Utara 2020, Wasri Yanti Pasande, dan Putri Pariwisata Sulsel 2020, Falicia Fabiola Abrianti. (hms/ikp/kominfo)

Inline Related :

One thought on “Kunjungan Datu Luwu, Begini Konsep Usulan Bupati Lutim Terkait HPRL

Komentar ditutup.