Timur Online – Pertama di Luwu Raya

Ingat !! Buka Puasa Jangan “Balas Dendam” Yah. Ini Akibatnya

Minggu, 12 Mei 2019 | 1:33 pm
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 71

Laporan : Rd

Foto : Ilustrasi (Int)

Timuronline – Seharian menahan lapar dan haus atau puasa di Bulan Ramadhan, tentunya bagi sebagian orang merupakan hal yang cukup sulit. Maskipun mereka dapat menahan lapar dan haus  hingga waktu berbuka tiba, tak jarang banyak yang langsung menyantap makanan dan minuman meski pun itu berlebihan.

Namun, tahukah Anda, makan dan minum secara berlebihan saat berbuka dapat menimbulkan efek buruk. Yuk simak apa saja itu

  1. Perut Begah dan Kembung

Salah satu efek makan dan minum terlalu banyak saat berbuka puasa adalah perut jadi begah dan kembung. Hal ini bisa terjadi karena Anda terlalu banyak minum air dalam waktu singkat dan air yang diminum cenderung dingin. Apa yang Anda lakukan membuat lambung yang sensitif jadi bergejolak.

Kalau Anda terus melanjutkan makan banyak saat berbuka, perut akan semakin begah sehingga Anda semakin tidak nyaman. Setelah makan Anda akan sudah bergerak dan lebih banyak diam.

Cara untuk menghindari hal di atas, sebaiknya minum air hangat dahulu dan makan pelan-pelan saja. Jangan memaksakan diri untuk menghabiskan semua makanan yang ada, toh habis Tarawih masih bisa dilanjutkan.

2. Diare

Saat berbuka puasa kita sering sekali makan apa saja yang ada dengan cepat dan tidak memperhitungkan dampak yang akan terjadi. Nah, salah satu dampak makan yang terlalu banyak dan tidak terkontrol lagi adalah diare pada hari berikutnya.

3. Obesitas (Kegemukan)

Salah satu efek makan banyak saat berbuka yang paling terlihat jelas adalah obesitas. Kalau Anda makan terlalu banyak dan tidak memperhatikan jumlah kalorinya, tubuh akan menyimpan sisa energi yang masih menjadi lapisan lemak di dalam tubuh.

4. Kolesterol Naik

Saat puasa makanan yang bersantan sering sekali dibuat untuk berbuka puasa. Ada soto, es buah , hingga makanan lain yang rasanya enak. Sekilas makanan seperti ini terlihat tidak berbahaya. Sayangnya, efek jangka panjangnya bisa membuat kolesterol menjadi naik.

Kalau Anda ingin mencegah kolesterol jahat di dalam tubuh kendalikan sesuatu yang berminyak dan bersantan. Lebih baik makan yang biasa saja agar tubuh tetap segar setiap saat.

5. Imsomnia

Saat tubuh terlalu banyak makan, pencernaan di dalam lambung akan terganggu karena banyak  makanan yang harus dihancurkan. Saat lambung bekerja keras, perut akan begah dan Anda jadi susah tidur karena merasakan nyeri.

Kondisi ini akan semakin parah kalau Anda minum kopi yang mengandung banyak kafein. Gangguan tidur akan membuat Anda terjaga dan esok hari susah untuk bangun sahur dan lemas saat bekerja. ( Sumber : doktersehat.com)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.  
error: oiii,,ga boleh copas
Lewat ke baris perkakas