DESK Pilkada Diharapkan Berkontribusi Terhadap Amannya Pilkada

oleh -35 views

Laporan : Rs

Editor     : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas, membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Selasa (24/11/2020).

Jayadi Nas mengatakan, rakor ini sebagai wadah koordinasi dari setiap instansi terkait yang tergabung dalam desk pilkada untuk mewujudkan penyelenggaraan pilkada damai dan aman.

” Tugas Desk Pilkada sebagai fasilitator dan pemantau tahapan pilkada agar pemilihan kepala daerah berjalan dengan aman dan damai,” kata Jayadi Nas.

Pada rakor yang dihadiri seluruh unsur Forkopimda, OPD terkait, KPU dan Bawaslu ini, Pjs. Bupati mengatakan, desk pilkada merupakan salah satu bagian penting untuk menopang suksesnya pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.

Karenanya, Anggota Tim Desk Pilkada harus memahami tugas dan fungsi yang diemban, melaksanakan koordinasi dalam mendukung segala persiapan dan kelancaran pilkada serentak di Kabupaten Luwu Timur.

Di samping itu, lanjut Jayadi, tim melakukan pemantauan, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan yang berkaitan pelaksanaan pilkada. “Laporan terkait pelaksanaan pilkada secara rutin disampaikan secara berjenjang dan koordinasi desk pilkada diharapkan lebih mengoptimalkan dan mengefektifkan pelaksanaan tugas-tugasnya untuk mensukseskan Pilkada Tahun 2020,” jelasnya.

Dalam rakor Desk Pilkada ini , baik KPU dan Bawaslu masing-masing menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Komisioner KPU Luwu Timur Hastuti menyampaikan bahwa, KPU telah bekerja sesuai tahapan walau sedikit ada kendala terkait dengan keterlambatan APK dan pengadaan logistik termasuk kelengkapan APD Tim KPPS yang akan bertugas di 538 TPS.

Sementara Komisioner Bawaslu Kabupaten Luwu Timur, Zainal Arifin menyampaikan bahwa, jajaran Bawaslu telah membentuk Pengawas Tempat Pencoblosan Suara (PTPS), Pengawas ini tak hanya bertugas di lokasi TPS namun dapat diberi tugas tambahan seperti mendistribusikan logistik.

BACA JUGA :  Pemkab Luwu Akui Pariwisata Lutim Yang Terdepan