Menu

Mode Gelap
Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, Bupati Lutim Pimpin Apel Pagi Bupati Luwu Timur Lepas Peserta Arus Balik Gratis Tahun 2024 Warga Masih Buang Sampah Sembarangan, Kades Puncak Indah : Mereka Tak Lagi Punya Etika Ini 35 Anggota DPRD Lutim Terpilih di Pemilu 2024, Sekwan : Agustus Dilantik Bupati Lutim Ajak Masyarakat Giatkan Olahraga Bupati Lutim Sambangi Warga Desa Lanosi

CITRA LAMPIA MANDIRI · 13 Mar 2024 19:45 WITA · Waktu Baca

CLM Bantah Dituding Penyebab Keruhnya Sungai Malili, Videonya Tak Utuh


					CLM Bantah Dituding Penyebab Keruhnya Sungai Malili, Videonya Tak Utuh Perbesar

LUWU TIMUR,Timuronline – Beberapa hari terakhir ini, beredar video yang menuding bahwa PT. Citra Lampia Mandiri (CLM) adalah penyebab dari tercemarnya Sungai Malili akhir-akhir ini.

Dua video berdurasi 24 dan 28 detik itu diduga direkam oleh pemilik salah satu perusahaan di Pongkeru . Dalam video tersebut, PT. CLM dituding tidak memiliki Sediment Pond sehingga hal itu menyebabkan keruhnya Sungai Malili.

Faktanya, setelah beberapa awak media melakukan peninjauan langsung di lapangan bersama manajemen PT. CLM, di wilayah tersebut ternyata ada Sediment Pond

” Jadi gambar yang diambil itu, hanya sekitar sini (sambil menunjuk lokasi pengambilan video). Padahal tak jauh dari sini ada Sediment Pond. Disini juga ada drainase yang tujuannya untuk mengatur limpasan air dari areal penambangan masuk ke Sediment Pond,” Ujar Ahmad Surana, KTT PT. CLM, Rabu (13/03/2024)

” Jadi kami tegaskan, bahwasanya tidak ada air yang dilepas keluar tanpa proses di Sedimen Pond,” Katanya

Sementara itu, Head Anviroment dan Porestry PT CLM, Sahir mengungkapkan sejauh ini PT. CLM sendiri sudah mematuhi segala aturan terkait tata kelola penambangan yang baik termasuk penanganan air.

Sediment Pond A

” Saya sudah melihat video tersebut, dan memang videonya tidak utuh. Ada beberapa spot yang justru tidak diambil gambarnya, seperti kemana air setelah dari situ, kan tidak diambil,” Ungkapnya

Dia menegaskan bahwa tudingan kepada PT.CLM yang menjadi penyebab keruhnya sungai Malili seperti yang diberitakan di beberapa media, itu tidak benar.

Dijelaskan pula bahwasanya pada tanggal 13 maret lalu, hasil pengujian sample air di Pond A, itu 7,65. Aturan menetapkan standart Baku Mutunya 6 sampai 9.

” Jadi Baku mutu air yang keluar dari Pond A masih memenuhi syarat,” Katanya

Wartawan yang coba melihat secara dekat, air yang keluar dari pintu Pond A menuju anak sungai Pongkeru, itu jernih dan tidak berlumpur. (*)

 

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, Bupati Lutim Pimpin Apel Pagi

16 April 2024 - 19:27 WITA

Luwu Timur

Bupati Luwu Timur Lepas Peserta Arus Balik Gratis Tahun 2024

16 April 2024 - 12:46 WITA

Luwu Timur

Warga Masih Buang Sampah Sembarangan, Kades Puncak Indah : Mereka Tak Lagi Punya Etika

16 April 2024 - 12:35 WITA

Desa Puncak Indah

Ini 35 Anggota DPRD Lutim Terpilih di Pemilu 2024, Sekwan : Agustus Dilantik

16 April 2024 - 08:56 WITA

DPRD Luwu Timur

Bupati Lutim Ajak Masyarakat Giatkan Olahraga

15 April 2024 - 10:59 WITA

Trending di KABAR PEMDA