Menu

Mode Gelap
Bupati Serahkan Bibit Padi dan Pupuk pada Acara Syukuran Panen Warga Lampenai Diskopar-KB Lolos ke Semifinal Sepakbola Bupati Lutim Cup Antar Instansi Ini Pendapat Akhir Bupati Lutim Terhadap Ranperda APBD 2023 Klinik Mata Malili Gelar Pelayanan Gratis Operasi Katarak Tiba di Tentena, Wakil Bupati Disambut Hangat Oleh Majelis Sinode GKST Sufriaty Budiman Buka Acara Tabligh Akbar dan Konsultasi Syariah

SULSEL · 24 Jul 2022 22:48 WITA · Waktu Baca

Bawaslu Sulsel Mengadakan Persiapan Pengawasan Pendaftaran dan Verifikasi Parpol


					Bawaslu Sulsel Mengadakan Persiapan Pengawasan Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Perbesar

MAKASSAR, Timuronline – Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan persiapan pengawasan pendaftaran dan verifikasi partai politik. Kegiatan itu berlangsung di ruang sidang Nur Mutmainnah Kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (24/07/2022).

Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel Dr.H.L. Arumahi, menyampaikan pada pembukaan bahwa acara hari ini adalah bagian kesiapan jajaran Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/kota dalam tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol. Olehnya itu, kita harus fokuskan dan pastikan proses pengawasan kita tepat dan benar dan terdokumentasikan seluruh tingkatan tahapan maupun sub tahapan.

Pada kegiatan yang sama anggota Bawaslu Sulsel Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Azry Yusuf menekankan arahannya agar sedini mungkin jajaran Bawaslu Kabupaten/kota melakukan langkah-langkah deteksi dini atas potensi-potensi pelanggaran pemilu dan memetakan pihak-pihak yang berpotensi melakukan pelanggaran pemilu.

Ia juga meminta agar Bawaslu Kabupaten/kota melakukan upaya menutup celah kerawanan terjadinya pelanggaran pemilu, serta memastikan tertib adminitrasi, pengawasan, dan penegakan hukum menyelenggarakan pemilu, serta memastikan proses penanganan pelanggaran pemilu diselenggarakan secara profesional dan bebas dari kepentingan politik, jelasnya.

Baca Juga:

Bupati Luwu Timur Lepas Jenazah Orang Tua Kerabatnya

Sementara itu, masih ditempat yang sama Pimpinan Bawaslu Provinsi Amrayadi selaku Kordinator Divisi Pengawasan menyampaikan Bawaslu Kabupaten/ kota melakukan pemetaan potensi kerawanan dan memastikan pengawasan pendaftaran dan verfikasi parpol.

Salah satu potensi kerawanan menurut Amrayadi adalah aspek tehnis verifikasi administrasi dan verifikasi faktual di lapangan. Lebih lanjut dia sampaikan pentingnya peningkatan SDM pengawas pemilu dalam melakukan pengawasan verifikasi parpol.

Hadir dalam rapat tersebut Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi dan terundang Kordiv Pengawasan kabupaten/kota se-Sulsel serta seluruh Staf pengawasan Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulsel. (*)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

KPU Lutim Gelar Sosialisasi PKPU Nomor 7 Tahun 2024

4 Juli 2024 - 19:09 WITA

KPU Lutim

Wabup Akbar Ajak Warga Sukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lutim

20 Juni 2024 - 10:35 WITA

Pilkada

KPU Lutim Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Aty Kodong Hipnotis Warga

20 Juni 2024 - 10:17 WITA

KPU Luwu Timur

KPU Lutim Coffee Morning Dengan Awak Media

13 Juni 2024 - 20:41 WITA

kpu luwu timur

Diwakil Toda Sorowako, Akbar Laluasa Ambil Formulir Cawabup di Partai Gelora

30 Mei 2024 - 20:05 WITA

Partai Gelora
Trending di LUWU TIMUR