Menu

Mode Gelap
Wabup Akbar Ajak Warga Sukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lutim KPU Lutim Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Aty Kodong Hipnotis Warga Camat Tomoni Timur Lepas Pawai Idul Adha di Desa Purwosari Bupati dan Wabup Lutim Shalat Idul Adha di Masjid Agung Malili Wahidin Wahid Berqurban Seekor Sapi di Desa Bangun Jaya Bupati Bersama Kapolres Lutim Lepas Peserta Malam Takbiran Idul Adha

LUWU TIMUR · 13 Jun 2024 13:53 WITA · Waktu Baca

1000 Siswa SMA/SMK se-Lutim Ikuti Festival Sulsel Menari


					1000 Siswa SMA/SMK se-Lutim Ikuti Festival Sulsel Menari Perbesar

LUWU TIMUR,Timuronline – Sebanyak 1000 penari yang menarikan Tari Padduppa berasal dari siswa SMA dan SMK Se-kabupaten Luwu Timur ikut serta meramaikan festival Sulsel Menari tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Merdeka Malili, Rabu (12/06/24).

Festival Sulsel Menari yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan ini melibatkan 24.900 penari yang berasal dari 24 kabupaten/kota yang berpusat dikawasan Lego-Lego Center Poin Of Makassar (CPI) secara virtual.

Hadir langsung, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Arbiyanti Febthavia, Asisten Perekonomian dan Pengembangan Infrastruktur, Masdin, para Kepala OPD, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Wilayah Provinsi Sulsel, serta para siswa SMA/SMK se-Lutim.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel, Muhammad Arafah menjelaskan bahwa, tari Padduppa merupakan salah satu kearifan lokal Bugis-Makassar, dimana Tari Padduppa adalah tarian yang sering ditampilkan untuk menyambut tamu atau disebut pula sebagai tari selamat datang dari suku bugis.

“Tari Padduppa memang sangat khas di Sulawesi Selatan karena di setiap kegiatan, tari ini di bawakan untuk menjemput atau menghormati para tamu-tamu. Tidak dipungkiri bahwa tari ini sering dipertunjukkan,” kata Arafah.

Oleh karena itu, Muhammad Arafah mengharapkan agar kegiatan Sulsel menari bisa menjadi motivasi bagi semua pihak.

“Semoga ini bisa dijadikan semangat bagi kita semua khususnya saya dan rekan-rekan kepala OPD untuk senantiasa berinovasi,” ucapnya.

Pada festival ini Disbudpar menargetkan 2 kategori yang dicatat sebagai REKOR MURI, yakni Tari Padduppa dan kostum adat (Baju Bodo). (*)

 

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wabup Akbar Ajak Warga Sukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lutim

20 Juni 2024 - 10:35 WITA

Pilkada

KPU Lutim Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Aty Kodong Hipnotis Warga

20 Juni 2024 - 10:17 WITA

KPU Luwu Timur

Camat Tomoni Timur Lepas Pawai Idul Adha di Desa Purwosari

17 Juni 2024 - 20:14 WITA

Idul Adha

Bupati dan Wabup Lutim Shalat Idul Adha di Masjid Agung Malili

17 Juni 2024 - 20:10 WITA

Idul Adha

Wahidin Wahid Berqurban Seekor Sapi di Desa Bangun Jaya

17 Juni 2024 - 19:36 WITA

Idul Adha
Trending di DPRD LUTIM