Tips Penggunaan BBM Biar Irit Saat Berkendara

oleh -54 views
Tips Penggunaan BBM Biar Irit Saat Berkendara

LUWU TIMUR,Timuronline – Saat ini kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Luwu Raya khususnya di Kabupaten Luwu Timur semakin parah. Akses jalan menuju Bumi Batara Guru (Julukan Luwu Timur,red) yang terputus menjadi penyebab utama terjadinya kelangkaan BBM semua jenis.

Warga pun menjerit dengan kondisi ini. Dengan kondisi seperti ini memaksa kita untuk menggunakan BBM secara irit. Nah, tahukah kalian bagaimana cara menggunakan BBM biar irit

Timuronline.com menyajikan beberapa tips agar kendaraan Anda irit dalam penggunaan BBM seperti disadur dari Merdeka.com

Baca Juga :

https://timur-online.com/vale-wujudkan-komitmen-bangun-pabrik-nikel-di-sulteng-dan-sultra/

Artikel Lainnya :  Laboratorium PCR Covid Milik Vale Resmi Beroperasi, Untuk 1.700 Naker

     1. Jangan Panasi Mesin Terlalu Lama

Kebiasaan pengendara di Indonesia adalah mereka selalu menghidupkan mesin untuk beberapa saat sebelum menggunakan mobil mereka. Kegiatan ini, memang diperlukan bagi kendaraan keluaran lama, namun sudah bisa ditinggalkan di jenis kendaraan keluaran terbaru.

Artikel Lainnya :  350 Warga Ikut Vaksinasi di Warkop Tanah Abang

Kegiatan yang umum disebut memanaskan mesin mobil ini sendiri bisa menjadi salah satu penyebab bahan bakar terkuras dari tangkinya. Hal ini bisa terjadi jika pengguna memanasi mobil terlalu lama atau dengan menginjak pedal gas dalam-dalam.

     2. Atur Putaran Mesin

Ketika sudah mengendarai mobil, ketangkasan pengemudi lah yang menjadi penentu irit atau borosnya sebuah kendaraan mereka.

Artikel Lainnya :  Pasutri Kecelakaan di Atue, Mobdin Kapolres Antar Korban ke RSUD I Lagaligo

Salah satu cara efektif untuk menghemat konsumsi BBM saat berada di jalan adalah dengan mengatur putaran mesin dengan memasukkan gear di saat yang tepat. Melaju dengan putaran mesin terlalu tinggi atau rendah secara konstan tentu akan membuat konsumsi bahan bakar jadi mengucur deras. Putaran mesin ideal saat berkendara adalah sekitar 3.000 rpm.

Artikel Lainnya :  Pasutri Kecelakaan di Atue, Mobdin Kapolres Antar Korban ke RSUD I Lagaligo

    3. Mengemudi Di Kecepatan Normal

Selain mengatur putaran mesin, pengemudi juga harus pintar mengemudi di kecepatan ideal.

Kecepatan ideal kendaraan bermotor roda empat sendiri berada di kisaran 80 km/jam. Konsumsi bahan bakar akan berada di titik efisien ketika mobil melaju di kecepatan tersebut, tentu dengan pengaturan gear masuk yang tepat. Namun, ingar kendarailah mobil Anda di kecepatan ideal ini ketika kondisi jalan mendukung.

Artikel Lainnya :  Andi Rum Nyiwi Resmi Sandang Status Mincara Malili

   4. Gunakan AC Secara Efisien

Penggunaan Air Conditioner (AC) juga mempengaruhi putaran mesin yang berdampak pada konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, gunakanlah AC secara seperlunya dan sewajarnya agar tidak membebani putaran mesin yang justru akan membuat konsumsi bahan bakar makin boros.

Artikel Lainnya :  Andi Rum Nyiwi Resmi Sandang Status Mincara Malili

   5. Kurangi Beban Mobil

Salah satu cara paling efektif dalam menghemat bahan bakar adalah dengan cara membuat mobil berjalan dengan enteng, yang mana bisa dilakukan dengan mengurangi hambatan udara dan berat mobil. (*)

Inline Related :