Satpol PP dan Damkar Gelar Pelatihan Satlinmas, Ini Tujuannya

oleh -6 views
Satpol PP dan Damkar Gelar Pelatihan Satlinmas
judul gambar

LUWU TIMUR,Timuronline – Satuan Polsisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Luwu Timur melaksanakan pelatihan Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten. Pelatihan ini resmi di buka Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. April. Turut mendampingi Sekretaris Satpol PP dan Damkar, Moh. Salman, di Aula Hotel I Lagaligo Kecamatan Malili, Senin (12/07/2021).

” Sesuai Permendagri Nomor 26 Tahun 2020, menjelaskan bahwa penyelenggaraan Linmas ditingkat Kabupaten/Kota, Bupati/Walikota meminta membentuk Satgas Linmas Kabupaten/Kota dan Kecamatan.  Tujuannya adalah pembinaan Linmas, membantu pengamanan dan ketertiban umum dan penanggulangan bencana.” kata dr. April saat mewakili Bupati Luwu Timur.

Baca Juga : 

Untuk itu katanya, pihaknya memerlukan peningkatan kapasitas SDM anggota Satgas Satlinmas melalui pelatihan secara berkala. Itu agar lebih sigap dalam melaksankan tugas pokok dan fungsinya.

Lebih lanjut dia mengatakan, menjadi anggota Satlinmas merupakan pilihan moral dan panggilan jiwa, untuk itulah, tugas ini jangan sampai menjadi beban. Tanamkan dalam hati bahwa keberadaan saudara-saudara semua harus memberi pengaruh kepada masyarakat terutama dalam mewujudkan ketenteraman dan ketertiban.

Sementara itu, Kasi Bina Potensi dan Pemberdayaan Satlinmas, Lisman mengatakan, ada 50 orang peserta anggota Satpol PP yang mengikuti kegiatan ini yang berlangsung selama dua hari, 12-13 Juli 2021. Narasumber pelatihan ini dari Satpol PP Provinsi Sulawesi Selatan melalui Kepala Seksi Mobilisasi, Data dan Informasi, Mansyur.

Pelatihan Satlinmas ini, kata Lisman, dilakukan dengan tujuan membentuk Satgas Satlinmas Kabupaten Luwu Timur yang dipersiapkan menjadi agen pembinaan Satlinmas di wilayah Kecamatan. (hms/ikp/kominfo)

BACA JUGA :  Sidak di Dua Kantor OPD, Bupati Lutim : Jaga Kebersihan Kantor