Rakor KKS Jelang Kunjungan Tim Propinsi

oleh -7 views
Rakor KKS
judul gambar

LUWU TIMUR,Timuronline – Dalam rangka kunjungan Tim Pembina KKS Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk melakukan verifikasi lapangan ke-14 Desa Lokus pada empat kecamatan di Kabupaten Luwu Timur (Lutim), maka Tim Forum Kabupaten Kota Sehat (KKS) Lutim menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) guna memantapkan persiapan jelang kedatangan tim tersebut.

Rakor berlangsung di Sekretariat Forum Kabupaten Sehat Lutim, Jumat (09/07/2021), dihadiri Ketua Forum KKS Lutim, Hj. Sufriaty Budiman, Asisten I Pemkab Lutim, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Camat Malili, dan forum KKS tingkat kecamatan dan desa.

Ketua Forum KKS Lutim, Hj. Sufriaty menyampaikan, persiapan yang dilakukan yakni melaksanakan sosialisasi dan kunjungan di tingkat kecamatan dan desa. Namun masih dijumpai kekurangan yang perlu dibenahi.

Baca Juga : https://timur-online.com/ini-30-desa-di-lutim-jadi-lokus-stunting/

“ Kemudian merampungkan dokumen KKS yang telah diserahkan ke pusat. Pembenahan sekretariat tim pembina, forum kabupaten, forum kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) desa serta sekretariat forum kabupaten. Serta forum pembina KKS sementara, terutama tatanan yang menjadi objek penilaian Tim KKS provinsi,” sebutnya.

Ia juga menekankan, seluruh Camat di Kabupaten Lutim agar diberikan surat instruksi, untuk menjaga lingkungan tetap bersih serta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat  memperhatikan tanggungjawab di masing-masing tatanan.

“Selain itu, setiap tatanan baik di Forum Komunikasi (Forkom) maupun Pokja harus ada penanggung jawab yang siap menjawab pertanyaan dari Tim Forum KKS Sulsel. Pula memperhatikan jalur rute yang akan dilalui oleh tim evaluasi lapangan,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Sufriaty menyebutkan, Tim Forum KKS Lutim telah memberikan edukasi ke masyarakat terkait pembuangan popok bayi, sehingga masyarakat tidak membuang sampah sembarangan  dan tidak Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat.

BACA JUGA :  Luwu Timur Kabupaten Layak Anak

“Sebelum verifikasi lapangan oleh tim pada 22 hingga 24 Juli 2021 mendatang, kita harus persiapkan dengan baik,” tutupnya. (ikp/kominfo)