Rosmiyati Alwi Berharap Koperasi di Lutim Berbasis IT

oleh -14 views
Rosmiyati Alwi Berharap Koperasi di Lutim Berbasis IT

SINJAI,Timuronline – Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Luwu Timur, Rosmiyati Alwi menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-74 Tahun 2021 tingkat Sulawesi Selatan di Kabupaten Sinjai, Sabtu (11/12/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Sinjai Bersatu tersebut turut dihadiri Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin),H.A.M. Nurdin Halid, Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi, Ahmad Zabadi, Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Pemerintahan dan Hukum, Muhammad Hasan Basri Ambarala, Unsur Forkopimda Sinjai, Ketua TP PKK Sinjai, perwakilan Bupati/Walikota se-Sulsel, Kadis Koperasi se-Sulsel, Kepala OPD lingkup Sinjai, dan para tamu undangan.

Artikel Lainnya :  Bupati Lutim Sidak Dua OPD

Nurdin Halid dalam sambutannya menyampaikan, Hari Koperasi Nasional adalah harinya gerakan koperasi Indonesia, bukan harinya Kementerian Koperasi.

Baca Juga :

https://timur-online.com/hadir-di-rups-lb-bank-sulselbar-bupati-lutim-ini-wadah-penyampaian-lpj/

Ia menegaskan bahwa, Hari Koperasi Nasional yang rutin diselenggarakan setiap tahun, tidak boleh hanya menjadi peringatan yang bersifat rutinitas saja, tapi bagaimana kita selalu memberi arti dan makna disetiap peringatannya.

Ahmad Zabadi yang membacakan sambutan tertulis Menteri Koperasi dan UKM mengatakan, Pemerintah merumuskan pengembangan ekonomi Indonesia dalam 5 tahun kedepan sebagaimana tertuang dalam RPJMN 2020-2024.

” Koperasi ditargetkan berkontribusi 5,5 % terhadap PDB Nasional demi terwujudnya 500 koperasi modern pada tahun 2024 nanti,” tutur Ahmad Zabadi.

Artikel Lainnya :  Jaga Kelestarian Bumi, Vale Uji Coba Mobil Listrik

Sementara Rosmiyati Alwi saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa, sesuai dengan tema Harkopnas yakni Digitalisasi Koperasi sebagai solusi untuk bangkit dan tumbuh bersama membangun ekonomi daerah di masa pandemi, pihaknya berharap semua koperasi yang ada di Kabupaten Luwu Timur dalam proses pengolaannya berbasis IT atau teknologi.

” Seperti contohnya Koperasi Karyawan Vale Indonesia, semua aktivitasnya sudah berbasis terknologi, sehingga semua terukur, tidak ada lagi keluarga karyawan yang seenaknya membeli barang di toko, karena berkat teknologi semua sudah ada batasan melalui aplikasi tersebut,” tegas Rosmiyati.

Sekali lagi, ia berharap semua koperasi yang ada di Kabupaten Luwu Timur yang saat ini aktif sebanyak 156 koperasi dapat mengikuti teknologi seperti yang telah diterapkan oleh Koperasi Karyawan PT. Vale.

Artikel Lainnya :  Jadwal Kunjungan Kecamatan Bupati Lutim, Berawal di Burau Berakhir di Malili

” Khusus di Disdagkop UKM, kita sudah melahirkan satu aplikasi yang bernama Balu’Ta yang terbukti sangat membantu para pelaku UMKM untuk pemasaran produknya,” tutur Rosmiyati.

Diakhir acara, H.A.M. Nurdin Halid didampingi Bupati Sinjai, Andi Seto Gadihsta Asapa dan Ketua Dekopin Kabupaten Sinjai yang juga sekaligus Ketua TP PKK Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto mengunjungi Stand Pameran Kabupaten Luwu Timur untuk melihat-lihat produk-produk yang dipamerkan. (ikp/kominfo)

Inline Related :