Timur Online – Pertama di Luwu Raya

Presiden Ingin Koordinasi Satu Garis Dari Pusat Hingga ke Daerah,Husler : Siap

Kamis, 14 November 2019 | 4:22 am
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 159

Laporan : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline – Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler dan sejumlah kepala daerah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Rakornas yang dibuka Presiden RI, Joko Widodo ini dalam rangka mensinergikan dan mensinkronisasikan visi-misi dan rencana pembangunan 5 tahun kedepan, dari pusat disesuaikan di daerah.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan, pertemuan ini merupakan pertemuan terlengkap yang dihadiri unsur Pemerintah baik pusat maupun daerah. Presiden berharap agar Pemerintah pusat dan daerah bisa bersinergi dengan baik demi menyukseskan agenda besar bangsa Indonesia.

Menurut Presiden, peran Forkopimda sangat penting dalam menjaga stabilitas di daerah. Selain itu, hubungan antar lembaga di daerah sangat mempengaruhi keharmonisan di daerah.

“Saya ingin agar semuanya bisa sambung satu garis dari pusat sampai ke daerah. Juga perlu saya sampaikan, mengelola negara sebesar negara kita Indonesia ini tidaklah mudah, beda dengan negara-negara lain,” kata Presiden.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan bahwa, rakornas ini dihadiri oleh 2.693 peserta yang terdiri atas kepala daerah, DPRD, Kepolisian, Kejaksaan, dan TNI.

Acara ini mengusung tema “Sinergi Pelaksanaan Lima Prioritas Pembangunan Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Maju,”

“Lima program prioritas yang dimaksud yakni Pertama, mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM) menyangkut kesehatan dan pendidikan, kedua, mengenai pembangunan infrastruktur, ketiga, penyegaran regulasi, keempat, reformasi birokrasi dan kelima, transformasi ekonomi,” papar Tito Karnavian

Dalam rakornas tersebut, Wapres Prof. K.H. Ma’ruf Amin juga turut memberikan arahan bersama 4 (Empat) Menteri Koordinator (Menko), Menteri terkait, Unsur Pengawas, Aparat Penegak Hukum, dan Keamanan Nasional.

Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler mengatakan, kehadirannya selaku kepala daerah di Rakornas ini sangat penting sebagai koordinasi pusat dan daerah dalam penyamaan persepsi visi pembangunan dan sinkronisasi Pembangunan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Acara ini, kata Husler, sangat strategis untuk menyelaraskan visi-misi Pemerintah Pusat dan Pemda ke depan. “Dalam rapat ini semua akan berbicara mengenai sinkronisasi agar seluruh Pemerintah daerah serempak mendukung Program Prioritas Pemerintah pusat,” ujar Bupati.

Turut hadir bersama Bupati pada kegiatan tersebut, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur, H. Amran Syam dan H. Usman Sadik, serta Kajari Luwu Timur, Yohannes Avilla Agus Awanto Putra. (hms/ikp/kominfo)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.  
error: oiii,,ga boleh copas
Lewat ke baris perkakas