Perkuat Wawasan Pemerintah Desa Lewat Bimtek

oleh -3 views
Perkuat Wawasan Pemerintah Desa Lewat Bimtek
judul gambar

MAKASSAR,Timuronline – Guna memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan desa/kelurahan di Kabupaten Luwu Timur serta semakin pentingnya data profil desa/kelurahan secara keseluruhan.

Pusat Konsultasi Pemerintahan Daerah (PKPD) bekerjasama Pemerintah Luwu Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar Bimtek Aplikasi Profil Desa Tata Cara Pendataan Dan Pengisian Format Profil Desa bagi Perangkat Desa se- Luwu Timur, Sabtu (02/10/2021).

Pelaksanaan Bimtek Training Dan Edukasi Aplikasi Prodeskel tata cara pendataan dan pengisian format profil desa bagi Perangkat Desa Luwu Timur yang bertempat di Hotel Santika Makassar tersebut dibuka oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman yang dihadiri Kasubid Evakuasi Perkembangan Desa Wilayah 3 Kalimantan dan Sulawesi, Dr. Wawan Munawar Kholik, M.Si dan Kadis PMD Luwu Timur, Halsen serta para Peserta.

BACA JUGA :  Wow ! Desa Bawalipu Punya 12 Orang Balon Kades

Baca Juga :

Kades dan Staf Desa di Lutim Tersangka Kasus Dugaan Korupsi, Ada DPO Kejaksaan

Kepala Bidang Penataan Desa, Hariadi Hamid dalam laporannya mengatakan, tujuan bimtek ini bisa mewujudkan peningkatan indeks Desa Membangun. Itu sesuai dengan arah pembangunan Kabupaten Luwu Timur dengan Visi Misi 2021-2026. Dibutuhkan adanya data Rill terkait dengan kondisi Desa yang dituangkan dalam format data profil Desa.

Rencananya acara berlangsung selama empat hari ini, dari 01 – 04 Oktober 2021 dengan peserta 161 terdiri dari Sekdes, Kasi Pemerintahan dan Operator Prodeskel. Adapun yang menjadi Narasumber dalam kegiatan ini, adalah Kasubid Evakuasi perkembangan Desa Wilayah 3 Kalimantan dan Sulawesi. Dr.Wawan Munawar Kholik M.Si.

Bupati : Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa Penting

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah sangat menyadari bahwa peningkatan kapasitas dan kemampuan aparat Pemerintah desa harus  secara berkala, sehingga pemahaman terhadap tupoksi yang diembannya penting dilakukan dalam rangka menyempurnakan kinerja dari aparatur Pemerintah desa dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

BACA JUGA :  Lutim Dapat Penghargaan Stop BAB Sembarangan

Budiman juga mengatakan, Bimtek ini merupakan kegiatan strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparat desa dalam menyusun profil desa/kelurahan. Bimtek ini juga bertujuan untuk membuka wawasan dan membangun kesepahaman dalam menyelenggarakan pembangunan di desa dan kelurahan.

“Terkait dengan pelaksanaan Bimtek pada hari ini, kita mengharapkan desa dapat menyediakan dan tersaji data-data di desa yang dapat mendukung dan mewujudkan Pencapaian Indeks Membangunan Desa. Sesuai dengan arah pembangunan Kabupaten Luwu Timur sesuai dengan Visi Misi jadi kita butuh  data rill.” ujar Budiman.

Dengan  Bimtek ini, Budiman berharap usaha memenuhi ketersediaan data yang akurat. Seperti data dasar desa, potensi desa dan tingkat perkembangan desa, itu bisa terwujud. Ini juga sebagai rujukan yang valid dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah desa. Ini merupakan dokumen penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan desa.

BACA JUGA :  Pertashop Marak, DPRD Lutim RDP Dengan Pertamina

” Data ini penting karena dengan data yang akurat. Ini untuk penyusunan perencanaan secara berjenjang dan berkelanjutan.” tutur Bupati Luwu Timur.

“Kepada segenap Peserta Bimtek, agar senantiasa berupaya untuk memahami materi narasumber. Sehingga terdapat kesamaan persepsi dan pola pikir bagi segenap peserta di dalam bimtek ini.” jelas Budiman.

Melalui kegiatan ini, Budiman juga berharap agar seluruh perangkat dan aparatur desa untuk objektif bersikap netral dalam pilkades serentak nanti. (hms/ikp/kominfo)