Menu

Mode Gelap
Bupati Serahkan Bibit Padi dan Pupuk pada Acara Syukuran Panen Warga Lampenai Diskopar-KB Lolos ke Semifinal Sepakbola Bupati Lutim Cup Antar Instansi Ini Pendapat Akhir Bupati Lutim Terhadap Ranperda APBD 2023 Klinik Mata Malili Gelar Pelayanan Gratis Operasi Katarak Tiba di Tentena, Wakil Bupati Disambut Hangat Oleh Majelis Sinode GKST Sufriaty Budiman Buka Acara Tabligh Akbar dan Konsultasi Syariah

LUWU TIMUR · 22 Sep 2023 20:46 WITA · Waktu Baca

Pemkab Lutim Salurkan Bantuan Pangan Beras Tahap II


					Pemkab Lutim Salurkan Bantuan Pangan Beras Tahap II Perbesar

LUWU TIMUR,Timuronline – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim), melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerjasama Divisi Regional (Divre) Bulog Palopo kembali menyalurkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam rangka Pemberian Bantuan Pangan Beras Tahap II kepada masyarakat penerima manfaat.

Penyaluran CPP tersebut dilakukan oleh Sekretaris Daerah Lutim, H. Bahri Suli, didampingi pimpinan Cabang Bulog Divre Palopo, Arif Puji Laksono, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Amrullah Rasyid, dan perwakilan Unsur Forkopimda Lutim, yang berlangsung di Gudang Bulog Divre Mangkutana, Jumat (22/09/2023).

Dalam arahannya, Sekda Lutim, H. Bahri Suli menjelaskan bahwa, kegiatan penyaluran cadangan pangan yang dilakukan hari ini merupakan tahap II di tahun 2023, dengan harapan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

H. Bahri Suli mengungkapkan, Kabupaten Luwu Timur merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang punya potensi sektor pertanian yang cukup besar. Dimana sesuai data, kata Sekda, produksi gabah 2 tahun terakhir yakni 2021 sebesar 335.547,31 ton dan di Tahun 2022 sebesar 295.320,77 ton dengan luas panen tahun 2021 : 48.953,00 Ha dan Tahun 2022 : 48.279,59 Ha.

“Inilah potensi yang sangat besar dari Luwu Timur, namun dirasakan bahwa masih banyak warga masyarakat yang perlu mendapatkan dukungan dan perhatian dari pemerintah pusat dalam hal ini pemerintah daerah kaitannya dengan pembangunan kebutuhan pangan di masyarakat,” ujarnya.

Ia pun berharap bantuan ini bisa dilakukan tepat waktu, tepat sasaran, transparan dan akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan dalam pelaksanaanya.

“Inilah harapan dari pemerintah, program ini bisa membantu masyarakat yang memang sangat membutuhkan kaitannya dengan masalah pangan ini terutama yang berkaitan dengan beras yang akan kita salurkan pada hari ini,” tambahnya.

“Oleh karena itu, kepada bapak ibu sebagai penerima manfaat, ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah, semoga ini bisa membantu meringankan beban keluarga kaitannya dengan kebutuhan pangan,” harap Sekda menutup sambutannya.

Sementara Pimpinan Cabang Bulog Divre Palopo, Arif Puji Laksono menyampaikan, pada saat ini pemerintah menggelontorkan bantuan pangan selama 3 bulan, yaitu untuk alokasi bulan September sampai November 2023 untuk 21.353.000 Penerima Bantuan Pangan (PBP).

Setiap PBP, lanjut Arif, memperoleh bantuan sebanyak 10kg/PBP/bulan dengan kualitas beras CBP Medium, dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sasaran sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen, serta mengendalikan dampak inflasi.

“Kami berharap, untuk kegiatan penyaluran bantuan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Luwu Timur sejumlah 18.658 PBP atau sejumlah 186.580 ton dapat berjalan dengan lancar, tepat waktu dan tentunya tepat sasaran,” tandas Arif Puji Laksono.

Launching Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam rangka Pemberian Bantuan Pangan Beras Tahap II yang ditandai dengan penyerahan beras secara simbolis kepada penerima manfaat dan pengangkatan bendera untuk melepas truk pembawa beras yang didistribusikan ke kecamatan-kecamatan dilakukan oleh Sekda Lutim bersama Perwakilan unsur Forkopimda Lutim, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lutim, Amrullah Rasyid, Camat Mangkutana, Zulkifli. Dan turut disaksikan jajaran Dinas Pertanian, para Kepala Desa, dan para penerima manfaat lainnya. (kominfo-sp)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bupati Serahkan Bibit Padi dan Pupuk pada Acara Syukuran Panen Warga Lampenai

17 Juli 2024 - 11:59 WITA

Diskopar-KB Lolos ke Semifinal Sepakbola Bupati Lutim Cup Antar Instansi

17 Juli 2024 - 11:44 WITA

Ini Pendapat Akhir Bupati Lutim Terhadap Ranperda APBD 2023

16 Juli 2024 - 11:52 WITA

DPRD Lutim

Klinik Mata Malili Gelar Pelayanan Gratis Operasi Katarak

16 Juli 2024 - 11:39 WITA

Klinik Mata

Tiba di Tentena, Wakil Bupati Disambut Hangat Oleh Majelis Sinode GKST

15 Juli 2024 - 11:25 WITA

GKST
Trending di KABAR PEMDA