Luwu Timur Kabupaten Layak Anak

oleh -8 views
Luwu Timur Kabupaten Layak Anak
judul gambar

LUWU TIMUR,Timuronline – Kabupaten Luwu Timur kembali meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI.

Penghargaan penerima Kabupaten/Kota Layak Anak 2021 ini digelar secara virtual, di Aula Rumah Jabatan Bupati, Puncak Indah Malili, Kamis (29/07/2021).

Pemberian penghargaan  ini dipimpin oleh Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, diikuti oleh seluruh Gubernur, Walikota dan Bupati se Indonesia.

Dalam sambutannya, KemenPPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan selamat kepada seluruh kepala daerah atas sumbangsih dan kerja nyatanya demi memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga :

Dari 275 kabupaten/kota yang telah mendapatkan predikat kabupaten/kota Layak Anak baik tingkat Pratama, Madya, Nindya dan Utama.

” Kami menyadari bahwa untuk mencapai hal tersebut bukanlah perjuangan yang mudah, karena membutuhkan komitmen yang kuat, proses yang panjang serta pengorbanan dari seluruh pihak demi terlindunginya anak-anak di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Dirinya berharap predikat KLA ini memberikan manfaat besar bagi perempuan dan anak. Pula menjadi inspirasi, motivasi, kekuatan dan dorongan untuk menjadikan program pembangunan anak sebagai prioritas untuk mewujudkan Anak Terlindungi Indonesia Maju.

Bupati Ucapkan Terima Kasih

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengucapkan selamat serta mengucapkan terima kasih kepada semua perangkat daerah yang terlibat dan bekerja keras mewujudkan Kabupaten Luwu Timur menjadi Kabupaten Layak Anak.

Bupati mengatakan, penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi kepada semua stakeholder terkait dalam KLA dan akan terus meningkatkan serta mengupayakan agar kedepan prestasi Kabupaten Luwu Timur meningkat ke jenjang berikutnya mewujudkan pencapaian yang lebih baik lagi.

BACA JUGA :  Sudah 3 Cabor di Lutim Lolos Porprov 2022

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Timur. Sukarti menjelaskan, penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Proses evaluasi dilakukan oleh Tim Kementerian PPPA dan Tim Independen. Evaluasi yang dilakukan yakni mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan.

Ia mengungkapkan, Penghargaan KLA yang diterima kali ini merupakan penghargaan yang kedua kalinya dimana sebelumnya penghargaan ini diraih tahun 2019.

“Pertama kali Kabupaten Luwu Timur meraih sebagai KLA yakni 2019. Setelah pada tahun 2020 KLA sempat ditunda karena pandemi, tahun ini Luwu Timur kembali meraih penghargaan tersebut,” ujar Sukarti.

Dirinya menambahkan, akan terus berusaha bersama dengan dukungan semua pihak untuk meningkatkan predikat penghargaan yang lebih tinggi lagi. (hms/ikp/kominfo)