Kunjungi Tambang CLM, Bupati Lutim Temukan Beberapa Permasalahan

oleh -48 views

Laporan : Rs

Editor : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline – Menindaklanjuti beberapa permasalahan yang hingga kini masih terjadi di PT. Citra Lampia Mandiri (CLM), Selasa (13/04/2021), Bupati Luwu Timur, H.Budiman melakukan pemantauan langsung terhadap aktifitas tambang yang dilakukan perusahaan tersebut.

Dalam pantauannya, Bupati Budiman menemukan beberapa permasalahan seperti jumlah sediment pond yang dianggap masih kurang dalam perlu pembenahan.

” Sediment Pond ini harus kapasitasnya lebih besar sesuai dengan ketentuan teknis di EFO. Ini masih kecil dan masih kurang,” Katanya

Kemudian mantan Kepala Bapelitbangda Luwu Timur juga menemukan masih banyaknya sampah plastik seperti terpal bekas penutup ore yang berserakan pula dia memerintahkan agar perusahaan segera merevegetasi sempadan sungai yang berada di dekat setling pond.

” Perusahaan sebaiknya  segera memasang pintu outlet di setling pond D yang sesuai dengan ketentuan teknis serta harus melakukan swapantau harian seperti pengukuran TSS, pH dan Debit serta harus mempersiapkan sediment pond sebelum melakukan penambangan di blok landau. Pula yang tak kalah pentingnya harus melakukan reklamasi di lokasi yang telah selesai ditambang dan mengaktifkan nursery sebelum melalukan penambangan di blok landau,” Tegasnya

Untuk limbah B3, Budiman juga meminta segera menyelesaikan fasilitas penyimpanan limbah B3 sesuai dengan ketentuan teknis, Budiman berharap untuk kunjungan selanjutnya semua point-point penting tersebut telah selesai dilaksanakan.

Menjawab permasalahan tersebut, General Manager PT. Citra Lampia Mandiri, Ferdy berkomitmen akan menyelesaikan penataan setting pond paling lambat tanggal 30 April 2021. Menurutnya, perusahaan akan membenahi pengelolaan lingkungan sesuai masukan dan  arahan dari Bupati Luwu Timur. (Red)

BACA JUGA :  Di Khutbah Idul Fitri, Bupati Lutim Ajak Warga Doakan Mendiang Husler