Kunjungan Gubernur Sulsel Dilima Desa Seberang Danau Towuti

oleh -5 views

Laporan : Rs

Editor    : Rd

LUWU TUMUR, TimurOnline – Gubernur Sulawesi Selatan, HM. Nurdin Abdullah mengunjungi 5 desa yang berada di seberang danau towuti, yakni Desa Tokalimbo, Bantilang, Masiku, Rante Angin, Loeha, Jumat (23/10/2020).

Dalam kunjungan ini, Gubernur didampingi Pjs. Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas, Anggota DPRD Lutim, Usman Sadike, Anggota DPRD Sulsel, Kadis PUTR Sulsel, TGUPP Sulsel, Kadis Pariwisata Sulsel, OPD terkait, Komisaris Utama PT. KIMA, Saldy Mansyur yang juga Wabup Lutim periode 2005-2010.

Mewakili warga di lima Desa,  Kepala Desa Bantilang, Ikbal mengaku bersyukur dan bangga karena ini merupakan kali pertama seorang Gubernur yang merupakan orang nomor 1 di Sulawesi Selatan berkunjung ke desa yang berada diseberang Danau Towuti.

” Mudah-mudahan dengan kedatangan bapak Gubernur ini bisa membawa atau bisa merubah pertumbuhan masyarakat disini, terutama masalah harga lada agar bisa memfasilitasi kami untuk mendatangkan investor lada, dengan harapan investor ini bisa kembali menaikkan harga lada mengingat karena di sini lima desa penghasil lada terbesar di indonesia,” ujar Ikbal.

Selanjutnya, terkait masalah pembangunan, yakni pasar. karena belum ada pasar sehingga perputaran ekonomi di lima desa ini tidak berjalan karena pasar tidak ada. Terakhir, Kades Bantilang meminta agar pak Gubernur bisa membangun sebuah SMA di pulau tersebut, dan juga jalan agar diperbaiki.

Menanggapi harapan 5 desa tersebut, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku telah merekam semua apa yang menjadi kebutuhan bantilang ini. “Tanpa di minta, Insya Allah tahun depan kita akan bangun satu pasar, yang kedua juga kita akan bangun SMA dan juga mesjid Babussalom kita akan selesaikan, kita kasi satu miliyar khusus penyelesaian masjid tersebut,” tuturnya dihadapan masyarakat setempat yang disambut tepuk tangan.

BACA JUGA :  Kadisdik Lutim : Guru, Baktimu Untuk Bangsa Ini

Terus Timampu kita kasi mobil sampah, saya kira kita kasi bantuan daerah 25 miliyar di sini. “Jadi saya begini, keliling daerah supaya lebih dekat dengan rakyat dan lebih mengakrabkan diri,” kata Gubernur.

Terkait harga merica, Gubernur Nurdin mengatakan agar jangan ragu karena jumlah penduduk dunia terus bertambah dan sudah pasti kebutuhan pangan kita terus naik, apalagi merica, tidak banyak negara yang produksi.

” Saya yakin harga sudah mulai naik, kita sekarang lagi membangun jaringan pasar, mudah-mudahan harga merica ini bisa naik terus sehingga akan memperbaiki kesejahteraan masyarakat kita,” tandas Nurdin Abdullah.

Setelah berbincang-bincang bersama Kepala Desa dan masyarakat, Gubernur bersama rombongan kembali melanjutkan kunjungannya dengan melihat salah satu kebun merica milik warga, melihat jalan-jalan yang akan diperbaiki sepanjang 19,7 km, dan melihat lokasi pembangunan pasar. (Red)