Italia Pastikan Tiket Enam Belas Besar Setelah Menang Atas Swiss

oleh -12 views
judul gambar

Laporan : Rs

SPORT,Timuronline –  Timnas Italia menjadi tim yang pertama lolos ke babak enam belas besar EURO 2020, setelah pada Kamis (17/06/2021) dini hari, pasukan Roberto Mancini menang atas Timnas Swiss di Stadion Olimpico.

Italia berhasil mempecundangi Swiss dengan skor 3-0.  Manuel Locatelli menjadi pahlawan bagi Italia dengan memborong dua gol. Sementara Ciro Immobile satu gol.

Peluang pertama Italia lahir dari tandukan Ciro Immobile menit ke-10, hanya saja masih melambung diatas mistar gawang Yann Sommer. Gol Chiellini menit ke-18 dianulir wasit. Chiellini tertangkap kamera VAR handsball.

Menit ke-12, pelatih Italia, Roberto Mancini menarik keluar Chiellini karena mengalami cedera dan digantikan dengan Fransesco Acerbi

BACA JUGA :  Bekuk Hellas Verona, AC Milan Pimpin Klasemen Serie A

Italia akhirnya membuka kran gol di menit ke-25 yang dicetak oleh Manuel Locatelli. Berawal dari serangan yang dibangun pasukan Gli Azzuri dari sektor kiri pertahanan Swiss. Berardi yang berlari melewati dua pemain lawan, langsung memberi umpan kepada Locatelli yang berdiri bebas.

Sebaliknya, hampir tidak ada peluang dari Swiss yang membahayakan gawang, Donarumma. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Italia.

Memasuki babak ke-dua, baik Italia maupun Swiss tidak banyak merubah strategi permainan. Manuel Locatelli kembali mengukir namanya di papan skor melalui gol kedua pada menit ke-52. Pemain Sassuolo ini melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung oleh kiper Sommer.

BACA JUGA :  Bekuk Hellas Verona, AC Milan Pimpin Klasemen Serie A

Menit ke-60, Zherdan Sahqiri berhasil mengancam gawang Donarumma, namun sepakan kerasnya masih melambung di atas mistar gawang. Begitulah peluang dari pemain Turki lainnya, Steven Zuber. Berkat gemilangnya Donarumma, dua kali sepakan Zuber berhasil ditepisnya.

Di menit akhir babak kedua, Italia kembali menambah keunggulan melalui sepakan dari Ciro Immobile sehingga skor berubah menjadi 3-0. Hasil ini tidak berubah hingga akhir babak kedua.

Berikut klasemen Group A EURO 2020

Posisi Nama Team Main Menang Seri Kalah Gol Nilai Δ Gol
1 Italia 2 2 6 – 0 6 6
2 Wales 2 1 1 3 – 1 4 2
3 Swiss 2 1 1 1 – 4 1 -3
4 Turki 2 2 0 – 5 -5