Dihadapan Warga Nikel, Husler Paparkan Visi-Misinya, Warga : Pas Banget

oleh -44 views
judul gambar

Laporan : Rs

Editor     : Rd

” Visi misi jika lahir dan dibuat oleh orang cerdas, maka hasilnya pun tepat. Pas banget “

LUWU TIMUR,Timuronline – Calon Bupati Luwu Timur, H.M.Thorig Husler sedikit memaparkan visi-misi dirinya dan calon Wakil Bupati, H.Budiman didepan Warga Desa Nikel, Kecamatan Nuha, Sabtu (10/10/2020).

Menurut Husler (MTH), keberhasilan program di bidang Pendidikan akan disempurnakan dengan menggratiskan hingga SMA. Program beasiswa diarahkan pada bidang studi yang menjadi kebutuhan masyarakat Luwu Timur, misalnya tenaga kesehatan agar setelah selesai bisa mengabdi di Luwu Timur.

” Dibidang kesehatan kita berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan dengan pembangunan Rumah sakit Di Towuti dan Malili (Atue), yang letaknya di pinggir jalan poros agar bisa juga melayani yang dari Sulawesi Tenggara,” Katanya

” Berikutnya kita upayakan penambahan tenaga Dokter ahli agar setelah rumah sakitnya jadi, dokternya siap,” Tambahnya

Di bidang ketenagakerjaan lanjutnya,  akan membuka kerjasama pelatihan dan penempatan tenaga kerja dengan swasta, lembaga pelatihan dan pemerintah daerah lain.

” Program kemudahan investasi kita harapkan bukan hanya menambah pendapatan daerah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi tapi juga mengurangi pengangguran.  Untuk di bidang pertanian, peningkatan produksi kita upayakan dengan penambahan sarana dan infrastruktur pertanian, bantuan alat-alat pertanian (Alsintan) dan jaminan ketersediaan pupuk. Kita persiapkan kawasan industri dan pelabuhan waru-waru agar kelebihan listrik kita bisa manfaatkan, kita membuka kesempatan kepada investor yang ingin memanfaatkan, agar hasil-hasil pertanian kita tak perlu lagi di kirim tapi kita olah sendiri,” Ujarnya

” CPO kita tak perlu lagi dikirim dalam bentuk mentah karena kita sudah punya 4 pabrik pengolahan. Lada kita sudah punya brand tinggal menunggu investor yang ingin membangun pergudangan dan memasarkannya”. Papar Husler.

BACA JUGA :  Mutasi Polda Sulsel, Dua Pejabat Polres Lutim Bergeser

Dari data dinas Bapelitbangda Luwu Timur dari lima sektor yang menopang struktur ekonomi Luwu Timur porsi sektor tambang masih sangat besar walaupun ada penurunan dari tahun ke tahun. Tahun 2019 sektor Pertambangan dan penggalian mengambil porsi 45,27%, angka ini menurun dari 58,28% pada tahun 2015.

Sektor Pertanian, kehutanan, perikanan 23,84% angka ini meningkat dari 19,39% pada tahun 2015. Sektor Konstruksi 10,44% angka ini meningkatkan dari 7,32% pada tahun2015. Sektor Perdagangan besar, eceran, reparasi mobil dan sepeda motor 4,2% angka ini meningkat dari 2,89% pada tahun 2015. Sektor Industri pengolahan 3,82 angka ini meningkat dari 2,88% pada tahun 2015.

Dari lima sektor hanya sektor pertambangan dan penggalian yang mengalami penurunan, empat sektor lain mengalami peningkatan. Penurunan pada sektor tambang yang proporsinya paling dominan memberi pengaruh besar pada pertumbuhan ekonomi Luwu Timur.

” Pertumbuhan ekonomi Luwu Timur hanya 1,7%, tapi jika sektor tambang dikeluarkan maka pertumbuhan ekonomi kita bisa 6%. Sektor tambang itukan sektor privat, itu diluar kendali pemerintah daerah sementara empat sektor lain yang menjadi tanggungjawab pemerintah mengalami peningkatan signifikan, menjadi bukti keberhasilan pemerintah daerah”. Urainya.

Haeruddin, Ketua Tim Pemenangan MTH-Budiman Kecamatan Nuha mengatakan rencana kerja yang tertuang dalam Visi dan Misi MTH-Budiman sangat detail dan tentunya pro kepada warga miskin.

” Visi Misi jika lahir dan dibuat oleh orang cerdas, maka hasilnya pun tepat. Pas banget,” Pujinya.

Kampanye dialogis bertema ” Menyapa Desa ” kali ini bertempat di kediaman tokoh masyarakat Nuha, Umar Ranggo

Perlu diketahui, dalam Visi misi MTH-Budiman, ada dua sasaran. Yang pertama, sasaran makro adalah mengurangi pengangguran dan meningkatkan Pertumbuhan ekonomi dan sasaran mikro adalah pengentasan kemiskinan dengan bantuan langsung atau dalam bentuk dana stimulus baik dari pemerintah pusat maupun daerah.  (Red)

BACA JUGA :  Mutasi Polda Sulsel, Dua Pejabat Polres Lutim Bergeser