Desa Wonorejo Timur Masuk Kategori Desa Cinta Statistik

oleh -10 views
judul gambar

Laporan : Rs

Editor : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline – Bupati Luwu Timur, H. Budiman meresmikan program Pencanangan Desa Wonorejo Timur kecamatan Mangkutana sebagai desa  Cinta Statistik atau disingkat” Desa Cantik ” yang ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Aula Kantor Desa Wonorejo Timur, Selasa (15/06/2021).

Acara ini juga dirangkaikan dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Luwu Timur oleh Kepala BPS Lutim, Muhlis. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan piagam Zona Integritas BPS Lutim yang dilakukan oleh Kepala BPS Lutim, Bupati Luwu Timur, H. Budiman, Kepala BPS Sulsel, Suntono, perwakilan Kejaksaan Negeri Luwu Timur, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lutim, Halsen.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan Desa Cinta Statistik dari BPS Provinsi Sulawesi Selatan kepada Kepala Desa Wonorejo Timur, Anwar yang disaksikan oleh Bupati Luwu Timur, Kepala BPS Lutim, perwakilan Kejari Lutim, dan Anggota DPRD Lutim, Leonar Bongga dan Ruly Heriawan.

Program Desa Cinta Statistik bertujuan untuk melahirkan komunitas cinta statistik di desa sehingga bisa dapat bertransformasi menjadi subjek pembangunan. BPS memulai program ini dengan membina dan mendampingi agen statistik di 100 desa terpilih, dan kedepan dapat dikembangkan di seluruh desa di Indonesia. Karena dengan adanya program ini, data desa dapat dimutakhirkan lebih cepat sehingga perencanaan pembangunan di desa menjadi lebih tepat sasaran sesuai dengan potensi masing-masing desa.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya mengaku kagum dengan terpilihnya Wonorejo Timur menjadi bagian dari 100 desa cinta statistik (Desa Cantik) seluruh Indonesia. “Ini sangat luar biasa, dari 80.000 lebih desa yang ada di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, Wonorejo Timur bisa terpilih menjadi 100 Desa Cantik,” ucapnya.

BACA JUGA :  CLM Jawab Tuntutan Aksi Demo Warga Pongkeru