Buka Pagelaran Seni, Budiman; Jadikan Momentum ini Sebagai Tonggak Sejarah

Pagelaran Seni

LUWU TIMUR,Timuronline – Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Wakil Bupati Lutim, Mochammad Akbar Andi Leluasa membuka kegiatan pagelaran seni dalam ranagka memperingati Hari Jadi Luwu ke 756 dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu ke 78 tahun 2024 yang ditandai dengan pemukulan gong, bertempat di Gedung Olahraga Malili, Sabtu (20/01/2024) malam.

Hadir pula Wakapolres Lutim, Asisten dan Staf Ahli, para kepala OPD, dan para peserta pagelaran seni dari seluruh kecamatan se Lutim.

Mengawali sambutannya, Bupati Lutim, H. Budiman mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi Luwu dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu merupakan momen yang sangat penting bagi masyarakat tanah Luwu.

“Melalui momentum ini, kita dapat mengenang dan memaknai kembali perjuangan para leluhur dan juga merayakan keberagaman seni dan budaya yang mekar di tengah-tengah kita,” kata Budiman.

Budiman mengatakan, pagelaran seni bukan sekedar hiburan namun cerminan kearifan lokal dan keuletan masyarakat Luwu.

“Mari kita lestarikan, kembangkan dan promosikan seni budaya kita sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari keberagaman budaya bangsa,” ajak Bupati Lutim.

Oleh karena itu, Bupati Lutim mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, para seniman dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyelenggarakan acara ini dengan sukses.

“Saya berharap, semangat peringatan Hari Jadi Luwu dan Perlawanan Rakyat Luwu ini dapat menginspirasi kita untuk terus bersatu, bekerja keras dan menghadapi tantangan masa depan,” harap Budiman.

“Jadikan momentum ini sebagai tonggak sejarah yang memberikan motivasi bagi kita semua untuk lebih berkontribusi dalam membangun tanah Luwu yang lebih maju, adil, dan sejahtera,” tutupnya

Pagelaran seni kali ini juga dimeriahkan oleh tarian-tarian dari setiap kecamatan diantaranya; Tari Motaro, Tari Pagellu, Tari Pajung Ri Luwu, dan Tari Opu Dg Risaju. (kominfo-sp)