Menu

Mode Gelap
Pjs Bupati Jayadi Nas Puji Pelayanan RSUD I Lagaligo Wotu Jayadi Nas Buka Acara Tabligh Akbar “Luwu Timur Menjemput Hidayah” Kecamatan Mangkutana Gelar Pertemuan Menuju Penilaian KKS Hadiri Senat Terbuka Stikes Batara Guru Soroaka, Jayadi Nas : Jangan Berhenti Belajar Pjs. Bupati Lutim Gencarkan Sidak, Tegaskan Disiplin dan Peningkatan Pelayanan Publik Pjs Bupati Jayadi Nas Buka Kegiatan Identifikasi dan Seleksi Audit Kasus Stunting Tahap II

LUWU TIMUR · 8 Sep 2023 09:52 WITA

Staf Ahli Pembangunan Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Kompentensi di Pasar Global


					Staf Ahli Pembangunan Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Kompentensi di Pasar Global Perbesar

LUWU TIMUR,Timuronline – Staf Ahli Pembangunan Luwu Timur (Lutim), Rapiuddin Tahir, didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian (Disdakoprinum), Senfry Oktavianus, Perwakilan Manajemen PT. Alfamart Cabang Makassar, Sugimin, mengajak para pelaku UMKM untuk meningkatkan kompentensi di Pasar Global.

Ajakan itu disampaikan saat membuka pelatihan manajemen ritel dan kurasi produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kabupaten Lutim Tahun 2023, di Aula Sasana Praja Kantor Bupati, Kamis (7/9/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Disdakoprinum melalui Bidang UKM bekerjasama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (Alfamart) Cabang Makassar yang bertujuan untuk memasarkan produk-produk hasil olahan UMKM binaan Pekab Lutim kepada retail modern.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Pembangunan Lutim, Rapiuddin Tahir menyampaikan, salah satu wujud implementasi dari upaya pemberdayaan UMKM adalah dengan kegiatan seperti ini.

“Hal itu tentunya akan mendorong pelaku UMKM agar mandiri, meningkatkan daya saing dan kompentensi di pasar global yang sekaligus dapat menciptakan dan membuka lapangan kerja baru,” kata Rapiuddin.

Lebih lanjut, ia berharap, kegiatan ini menjadi awal sekaligus pemicu kebersamaan dalam upaya pemberdayaan pelaku UMKM di Lutim.

“Begitu besarnya perhatian Pemerintah terhadap upaya-upaya pengembangan UMKM di daerah ini, hendaknya dimaknai secara positif, sehingga apa yang telah diberikan dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan peruntukannya,” imbuhnya.

Terkahir Rapiuddin berpesan, kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan secara serius dan sungguh-sungguh.

“Semua harapan ini sekaligus menjadi salah satu faktor penting untuk ikut mensukseskan visi Kabupaten Lutim “Kabupaten Lutim yang Berkelanjutan, Lebih Maju Berlandas Nilai Agama dan Budaya”, tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disdakoprinum, Senfry Oktavianus mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pembinaan peran dari riteil modern yang selama ini telah diberikan pintu masuk di Kab. Lutim di antaranya; Indomaret, Alfamidi dan Alfamart.

“Ini adalah bagian daripada kita memberikan pemahaman melalui pelatihan manajemen retail itu dan bagaimana kurasinya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Perwakilan Manajemen PT. Alfamart Cabang Makassar, Sugimin berharap, melalui kegiatan ini dan produk yang terpilih nantinya dapat menaikkan value pelaku UMKM.

“Semoga banyak pelaku UMKM yang naik kelas dan produk-produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan brand Nasional,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, mewakili Bupati Lutim, Staf Ahli Pembangunan bersama Kepala Disdakoprinum menerima bibit buah dari Manajemen PT. Alfamart Cabang Makassar.

Turut hadir, Narasumber dari Manajamen PT. Alfamart Cabang Makassar, Segenap Kepala Bidang UKM Disdakoprinum beserja segenap jajaran, jajaran manajemen PT Alfamart, 60 Pelaku UMKM di 11 Kecamatan se-Lutim. (kominfo-sp)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pjs Bupati Jayadi Nas Puji Pelayanan RSUD I Lagaligo Wotu

29 September 2024 - 09:32 WITA

Jayadi Nas Buka Acara Tabligh Akbar “Luwu Timur Menjemput Hidayah”

29 September 2024 - 09:27 WITA

Kecamatan Mangkutana Gelar Pertemuan Menuju Penilaian KKS

28 September 2024 - 09:23 WITA

Hadiri Senat Terbuka Stikes Batara Guru Soroaka, Jayadi Nas : Jangan Berhenti Belajar

28 September 2024 - 09:17 WITA

Pjs. Bupati Lutim Gencarkan Sidak, Tegaskan Disiplin dan Peningkatan Pelayanan Publik

28 September 2024 - 09:13 WITA

Trending di KABAR PEMDA