Menu

Mode Gelap
Meriahkan HUT IBI ke-73, DP2KB Lutim Gelar Baksos Pelayanan KB Serentak Pemkab Lutim Gelar Sosialisasi dan Diseminasi Hasil Kajian Tahun 2023 Warga Tenggelam di Sungai Pawosoi Belum Ditemukan, BPBD Lanjutkan Pencarian Konsisten Jaga Lingkungan, PJ Gubernur Sulsel Ajak Masyarakat Dukung PT Vale TP-PKK dan BPBD Lutim Simulasi Gempa Bupati Lutim Lantik 3 Pejabat Eselon II Hasil Lelang, Juga Ada Camat

LUWU TIMUR · 18 Sep 2022 23:04 WITA · Waktu Baca

Staf Ahli Pembangunan Buka Pelatihan Baznas Angkatan II 2022


					Staf Ahli Pembangunan Buka Pelatihan Baznas Angkatan II 2022 Perbesar

LUWU TIMUR, Timuronline – Staf Ahli Pembangunan Kabupaten Luwu Timur, Rapiuddin Tahir, mewakili Bupati Lutim membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Tingkat Dasar Angkatan II Baznas Tanggap Bencana, yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Lutim, Kamis (16/09/2022).

Hadir pada kesempatan ini, Wakil Ketua Baznas Tanggap Bencana RI, Sekretaris BPBD Lutim, Jumardin, Kakan Kemenag Lutim, Ketua dan Pengurus Baznas Lutim.

Dalam sambutannya, Rapiuddin mengapresiasi atas perhatian dan dukungan Baznas dalam kesiapsigaan serta turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.

“Yang terpenting adalah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan dan usaha penanggulangan bencana agar masyarakat Lutim mengerti tanda adanya bencana, penanggulangannya dan selamat dari bencana,” kata Rapiuddin.

Menurut Rapiuddin, pada penanggulangan bencana merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bersifat prefentif, penyelamatan, dan rehabilitatif yang harus diselenggarakan secara koordinatif, komprehensif, serentak, cepat, tepat, dan akurat melibatkan lintas sektor dan lintas wilayah sehingga memerlukan Koordinasi berbagai instansi terkait dengan penekanan pada kepedulian publik dan mobilisasi masyarakat.

“Kurangnya pemahaman dan di sisi lain pentingnya pengetahuan masyarakat akan kelestarian lingkungan, menyebabkan kerawanan terhadap lingkungan alam yang pada gilirannya akan mengakibatkan berbagai bencana alam,“ tambah Rapiuddin Tahir.

Baca Juga:
Kades Baruga Apresiasi Kehadiran Bupati Lutim Pada Monev Program Desa

Adapun materi yang diberikan kepada peserta pelatihan meliputi ; Manajemen Bencana, Pengenalan upaya penyelamatan bencana, pertolongan pertama gawat darurat, konsep dan respon bencana, teknik pengambilan gambar, simulasi kebencanaan dan pengurangan resiko bencana. Sedangkan nara sumber berasal dari BPBD Lutim, Basarnas Wilayah Lutim, PMI dan BTB Pusat/Daerah. (ikp-kehumasan/kominfo-sp)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Meriahkan HUT IBI ke-73, DP2KB Lutim Gelar Baksos Pelayanan KB Serentak

9 Mei 2024 - 10:49 WITA

IBI

Pemkab Lutim Gelar Sosialisasi dan Diseminasi Hasil Kajian Tahun 2023

9 Mei 2024 - 10:41 WITA

Luwu Timur

Warga Tenggelam di Sungai Pawosoi Belum Ditemukan, BPBD Lanjutkan Pencarian

9 Mei 2024 - 10:27 WITA

warga tenggelam

Konsisten Jaga Lingkungan, PJ Gubernur Sulsel Ajak Masyarakat Dukung PT Vale

8 Mei 2024 - 19:56 WITA

Vale Indonesia

TP-PKK dan BPBD Lutim Simulasi Gempa

8 Mei 2024 - 19:47 WITA

Simulasi Gempa
Trending di KABAR PEMDA