21 Mahasiswa UIN Alauddin KKN di Lutim

oleh -39 views

Laporan : Rs

Editor : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline – Wakil Bupati Luwu Timur, H. Budiman Hakim, menerima Mahasiswa UIN Alauddin Makassar dalam program Kuliah Kerja Nyata Dari Kampung (KKN DK) angkatan 65 Tahun 2021. KKN DK UIN Alauddin yang berada di Luwu Timur akan menempati 3 desa yakni Desa Bangun Jaya (Kec. Tomoni), Desa Lambarese (Kec. Burau) dan Desa Langkea Raya (Kec. Towuti) dengan jumlah 21 mahasiswa.

Acara pelepasan peserta DK KKN menuju ke wilayah masing-masing desa berlangsung di Aula Rujab Bupati Luwu Timur, Jum’at (05/03/2021), turut dihadiri oleh Badan Pelaksana (BP-KKN) UIN Alauddin Makassar, Dr. H. Supardin, M.H.I dan Dosen Pembimbing KKN, Dr. Nurhidayah Arif Tiro, S.Kep.NERS., M.Kes.

Dr. H. Supardin selaku perwakilan dari UIN Alauddin Makassar mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Wakil Bupati Luwu Timur atas kesempatan yang diberikan dalam memfasilitasi mahasiswa KKN DK di Luwu Timur. Beliau menyampaikan bahwa Program KKN-DK UIN Alauddin Makassar dilaksanakan serentak mulai dari tanggal 3 Maret sampai dengan 16 April 2021.

“Kurang lebih 45 hari kedepan para mahasiswa kami akan melakukan pengkajian atau assessment di desa masing-masing untuk melihat potensi desa yang ada. Kami berharap kepada para mahasiswa kami untuk tetap menjaga nama baik almamater kampus dan menjaga etika sopan santun di ruang manapun kita berada sebagai implementasi dari tri darma perguruan tinggi,” harap Dr. Supardin.

Adapun info tambahan lain dari Dosen Pembimbing KKN DK, Dr. Nurhidayah menyampaikan, Program kerja mahasiswa KKN DK UIN Alauddin nantinya adalah bagaimana mengeksplorasi potensi desa ataupun meneliti nilai historis dari desa masing-masing baik dalam bentuk video dokumentasi ataupun portofolio secara berkala dan kemudian dibagikan melalui platform media sosial. Hal ini bertujuan agar setiap keunggulan ataupun potensi desa yang ada bisa terekspos lebih jelas kepada masyarakat Indonesia dan seluruh dunia.

BACA JUGA :  Di Depan Muballigh, Bupati Lutim : Mari AWali Puasa Dengan Saling Memaafkan

“Kami menantang mahasiswa kami untuk setiap hari melakukan update informasi melalui media sosial terkait program yang sudah direncanakan. Selain itu, juga ada program membuat sumber informasi yang bersifat konten-konten kreatif yang bisa mengedukasi masyarakat,” ujarnya.

Wakil Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyatakan bahwa, ada begitu banyak potensi yang bisa digali lebih jauh di desa-desa tersebut dan semoga para peserta KKN DK akan mengimplementasikan ilmu apa yang telah dimiliki untuk dapat ditampilkan dan dikolaborasikan sebagai bahan pembangunan desa yang lebih inovatif.

“Insya Allah adik-adik mahasiswa bisa melakukan pembinaan, pemberdayaan kepada masyarakat kita, sesuai dengan ilmu yang dimiliki dalam meningkatkan kembali usaha kerakyatan ekonomi dan kewirausahaan khususnya di masa pandemi,” tutur Budiman.

“Visi kita bersama adalah bagaimana kedepan memiliki generasi-generasi yang berintegritas, intelektual dan bisa menjadi harapan Bangsa,” tandas orang nomor dua di Kabupaten Luwu Timur tersebut.

Tidak lupa beliau juga mengingatkan untuk fokus pada program kerja yang akan dilaksanakan dan tentunya selalu mengedepankan tentang protokol kesehatan  pencegahan COVID-19. (hms/ikp/kominfo)