Timur Online – Pertama di Luwu Raya

Siapa Calon Ketua dan Wakil Ketua DPRD Lutim 2019-2024 ? Intip Prediksinya

Minggu, 5 Mei 2019 | 6:10 am
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 1236

Laporan : Rd

Gambar : Ilustrasi (Int)

LUWU TIMUR,Timuronline – Jika melihat hasil rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan KPU Luwu Timur untuk Calon Anggota DPRD Luwu Timur, bisa dipastikan kursi Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua DPRD II periode saat ini akan beralih ke PAN.

Meski sama-sama memperoleh 4 kursi, namun perolehan suara PAN secara keseluruhan yang mencapai 18.160 lebih banyak dibanding suara Gerindra yang hanya menyentuh angka 14.829. Sementara itu untuk Wakil Ketua I masih dipegang oleh Nasdem dengan raihan suara 22.437.

Untuk Ketua DPRD Luwu Timur, masih ditangan partai penguasa Bumi Batara Guru, Partai Golkar. Partai yang identik dengan warna kuning ini berhasil meraup suara signifikan dengan total 33.088 suara.

Lantas, siapakah caleg yang akan menduduki unsur pimpinan di DPRD Lutim dari 3 partai tersebut ?

Kita mulai dari Partai Golkar. Di periode 2014 – 2019, H.Amran Syam didaulat menjadi Ketua DPRD Luwu Timur. Amran berhasil mengalahkan kompetitornya saat itu, yakni Sukman Saddike yang pada pemilu ini, Sukman dinyatakan tak lolos (berdasarkan hasil rekapitulasi). Lantas, apakah langkah Amran Syam untuk kembali duduk dipucuk pimpinan akan mulus. Yang jelasnya, nama seperti Najamuddin, Mahading, Aripin Biuddin, Badawi Alwi, H.Herianti serta Wahidin Wahid merupakan figur yang juga memiliki kapabilitas dan tidak bisa dianggap remeh untuk memimpin parlemen Luwu Timur.

Beralih ke Wakil Ketua I yang saat ini dijabat H.M.Siddiq BM. Banyak kalangan yang menilai, sosok H.M.Siddiq dinilai sosok yang paling tepat mendampingi Ketua DPRD Lutim dibanding calon lainnya di Nasdem seperti Tugiat, Irmanto Hafid maupun Semuel. Namun bisakah ini terwujud ? 

Terakhir untuk Wakil Ketua II yang sudah berada di tangan PAN. Pertama, ada nama Usman Sadik. Legislator senior ini berhasil meraup suara sebanyak 2464 di dapil IV. Usman Sadik pernah berseragam Partai Golkar sebelum dia memutuskan hengkang ke PAN dan menjadi Ketua PAN Luwu Timur. Di partai matahari terbit ini, Usman dinilai cukup berhasil, buktinya dibawa komandonya, PAN berhasil “mencuri” kursi Wakil Ketua II. Kemudian beralih ke calon PAN lainnya yakni Hj. Harisah Suharjo yang lolos di Dapil I, Masrul Suara dari Dapil II serta Andi Surono, Dapil III. Khusus Masrul Suara dan Andi Surono keduanya merupakan figur baru sementara itu H.Harisah Suharjo merupakan incumbent.

Siapa yang akan duduk sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPRD Lutim ? Lagi-lagi, Partailah yang akan menentukan. Kita tunggu saja. (Redaksi)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.  
error: oiii,,ga boleh copas
Lewat ke baris perkakas