Timur Online – Pertama di Luwu Raya

Hari Ini, Polri Berusia 73 Tahun, Yuk Intip Sosok Para Mantan dan Kapolres Lutim Saat Ini

Senin, 1 Juli 2019 | 3:57 am
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 211

Laporan : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline – 1 Juli 2019 hari ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah berusia 73 tahun. Dalam usianya yang sudah menginjak kepala “tujuh” ini, Korps Bhayangkara dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara bukan hanya mendapatkan pujian dari hasil kerja mereka, namun kerap kali juga datang cacian dan makian terhadap oknum-oknum kepolisian yang dianggap tidak beres dalam bekerja.

Namun demikian, hingga hari ini polisi tetap tegak berdiri memberikan pengabdian dan tentunya pelayanan bagi rakyat Indonesia.

Silih berganti, pucuk pimpinan korps yang dulunya (Tahun 1999,red) masih satu atap dengan TNI ini pun mewarnai jalannya roda korps yang dibentuk tak lama setelah Indonesia merdeka. Pertama ada nama Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang dilantik Presiden RI waktu itu, Soekarno. Kemudian di awal tahun 90-an ada nama Jenderal Polisi Kunarto. Lalu di tahun 2000-an, Jenderal Pol Roesdiharjo dipercaya menjadi Kapolri dan terakhir saat ini, Jenderal Pol Tito Karnavian menduduki pucuk pimpinan Polri.

Begitupun dengan pucuk pimpinan Polisi di Polres Luwu Timur. Setidaknya ada 8 nama yang pernah dan saat ini menjabat Kapolres Luwu Timur.

  1. AKBP. Komisaris

Banyak yang belum mengetahui sosok Kapolres yang satu ini. Selain terbilang sangat singkat, AKBP. Komisaris pula sebagian warga Luwu Timur belum mengenali sosoknya.

 2.  Kombes Pol Umar Farouk

Mantan Kapolres Jakarta Timur ini terbilang cukup lama menduduki jabatan sebagai Kapolres Luwu Timur. Dia memulai karir sebagai Kapolres Luwu Timur tahun 2005 – 2008.

3. Brigjend Pol Richard Nainggolan

Sosok yang satu ini beberapa tahun terakhir ini terus bergelut dengan masalah Narkoba. Yah, bukan terlibat namun dia dipercaya pernah menjadi Kepala BNN Propinsi Sulsel dan saat ini menduduki jabatan sebagai Kepala BNN Propinsi Kepri.

4. AKBP. (Purn) Andi Firman

Purnawirawan polisi ini dikenal sebagai sosok yang dikenal memiliki wibawa dan tegas namun tetap familiar baik kepada anggotanya saat menjabat Kapolres Luwu Timur perkiraan tahun 2010 – 2012 maupun kepada masyarakat Luwu Timur.

5. AKBP. Rio Indra Lesmana

Kalau Anda hobi memancing dan koleksi batu cincin, mungkin tak asing lagi dengan nama yang satu ini. Yah dia adalah AKBP. Rio Indra Lesmana. Bertugas sebagai Kapolres Luwu Timur selama 2 tahun 9 bulan, sosok yang dikenal bermasyarakat ini kerap kita jumpai ditengah-tengah kerumunan masyarakat apalagi yang hobi memancing dan mengoleksi batu cincin.

6. Kombes Pol Alfian Hidayat

Untuk pertama kali, Polres Luwu Timur memiliki Lapangan tembak yang diakui salah satu lapangan tembak terbaik di Indonesia bagian timur. Yah, ini tak lepas dari campur tangan Kombes Pol Alfian Hidayat sejak dirinya menjabat Kapolres Luwu Timur. 

7. AKBP. Parojahan Simanjuntak

Datag dari Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), sosok AKBP. Parojahan Simanjuntak dipercaya menjadi orang nomor satu di jajaran kepolisian Polres Luwu Timur. Sosok yang dikenal tegas ini menyukai olahraga bersepeda dan Motor Trail.

8. AKBP. Leonardo Panji Wahyudi

Dilantik tahun 2017 lalu, AKBP. Leonardo Panji Wahyudi resmi menduduki jabatan sebagai Kapolres Luwu Timur hingga saat ini. Beliau dikenal sosok yang membangun. Hal itu dibuktikan dengan perwajahan Mapolres Luwu Timur yang banyak perubahan saat dirinya masuk.

Cat : Pangkat Terakhir belum ter-update (Redaksi)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.  
error: oiii,,ga boleh copas
Lewat ke baris perkakas