Bupati Budiman Tandatangani MoU Dengan PT. Telkom Indonesia

MAKASSAR, Timuronline – Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama PT. Telkom Indonesia, menandantangani MoU Implementasi Smart Goverment Service (Platform Satu Data) di Hotel Mercure, Jalan Pettarani Makassar, Kamis (01/09/2022).

Kerjasama antara Pemkab Luwu Timur dan Telkom ini, untuk mewujudkan Program Smart Government Services pada Dinas Kominfo-SP Kabupaten Luwu Timur, melalui Trial Satu Data Indonesia.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman dengan, Sri Widodo selaku GM Witel Sulselbar, PT. Telkom Indonesia. Tbk. dan disaksikan Kadis Kominfo SP, H. Hamris Darwis serta Nadiah liestyasari, Manager BGES Opration Witel Sulselbar.

Penandatanganan kerjasama ini, bertujuan sebagai langkah awal untuk PoC (Proof of Concept) produk Bigbox, yang merupakan produk leap Telkom Digital sebagai solusi kebutuhan implementasi layanan Satu Data di Pemkab Luwu Timur, sesuai dengan Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019, tentang Satu Data Indonesia.

Budiman mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019, Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data di pemerintahan untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah.

“Dengan pemanfaatan platform Satu Data ini, maka data yang tersebar antar SKPD nantinya dapat saling terintegrasi yang bermuara pada standar kualitas dan kuantitas pelayanan publik yang menjadi pelayanan dasar kebutuhan masyarakat,” terang Budiman.

“Dengan adanya Satu Data dari BigBox Telkom, bisa membantu untuk digitalisasi pemerintahan, terutama dalam tata kelola data pemerintah. Pemkab Luwu Timur menyambut baik adanya kesepakatan bersama ini, dan diharapkan dapat mendukung penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Digital,” ungkap Budiman dalam sambutannya.

Baca Juga:
Disdikbud Lutim Tuntaskan Pembangunan 4 Gedung Sekolah Tahun Ini

Sri Widodo GM Witel Sulselbar, PT. Telkom Indonesia, Tbk. dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih karena diberi kesempatan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui penandatanganan MoU Implementasi Smart Goverment Service (Platform Satu Data) dan juga Kick Off Trail Satu Data.

“Ini sangat luar biasa, kami siap mendukung Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam meningkatkan layanan dan juga potensi Kabupaten Luwu Timur,” ungkapnya.

“Jadi dukungan yang akan kita berikan berupa portofolio produk digital, ada digital conectivity, digital platform dan smart servicess. Ini semuanya akan kita kerjasamakan dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sehingga apa yang menjadi cita-cita Kabupaten Luwu Timur dan juga Telkom dapat terwujud,” katanya.

Sementara Kadis Kominfo SP Luwu Timur, H. Hamris Darwis melaporkan bahwa, tujuannya adalah untuk mengintegrasikan seluruh elemen kota/kabupaten dalam sebuah sistem smart connectivity, smart platform, smart services yang mudah diakses oleh semua orang, juga untuk penyediaan pelayanan publik yang transparan, efisien, akuntabel, dan adil bagi semua masyarakat.

“Pengelolaan Satu Data yang terintegrasi, sangatlah penting untuk perencanaan dan penyelenggaraan pemerintah. Hal ini sejalan dengan yang diamanatkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia Serta Keputusan Bupati Luwu Timur Nomor, 356/F-02/XII/Tahun 2021 tentang Pembentukan Forum Satu Data Indonesia Kabupaten Luwu Timur dan Peraturan Bupati Luwu Timur Nomor; 24 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Satu Data Informasi Kabupaten Luwu Timur,” tutur Hamris.

Sehubungan dengan hal tersebut, rencana kerjasama dengan PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dalam rangka penguatan satu data Indonesia Kabupaten Luwu Timur dalam bentuk :

1, BigOne – Solusi Plat Form Satu Data
2, Pembentukan metadata dengan integrasi data yang kuat.
3, Data Ekstraksi dan Data Statistic Summary.
4, Data Source Management dan Meta Data Formation.
5, Work Flow Management dan Data Eksplorasi,  Visualisasi.
6, Big Market – Solusi Analisa Ecommerse
7, Big View – Solusi Integral Dashboard Smart Government meliputi  Info Daerah, Potensi Daerah, Sektor Prioritas, Social Media Analitik, Digital Media Analitik. (ikp-kehumasan/kominfo-sp)