26 Balon Kades Ikuti Test Jadi Calkades

26 Balon Kades Ikuti Test Jadi Calkades

LUWU TIMUR,Timuronline – Sebanyak 26 orang Bakal Calon Kepala Desa (Balon) Kades mengikuti test di Gedung Simpurusiang Malili, Jumat (22/10/2021).

Test kompetensi dasar ini sebagai salah satu syarat desa yang memiliki balon lebih dari 5 orang. Nantinya dari hasil test tersebut mengerucut sebanyak 5 orang untuk kemudian di tetapkan sebagai Calon Kepala Desa (Calkades).

Adapun ke-26 balon kades tersebut merupakan balon kades dari Desa Bawalipu Kecamatan Wotu (12 Orang), Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili (7 Orang). Serta Desa Balambano Kecamatan Wasuponda (7 Orang).

Baca Juga :

Pamsimas di Sumber Makmur Sudah Berjalan

” Saya dengar ada 4 desa yang memiliki calon lebih dari 5 orang. Namun informasi terakhir, salah satu balon dari Desa Nikel Kecamatan Nuha mundur sehingga calonnya pas. Jadi yang ikut ini balon yang berasal dari 3 desa, salah satunya saya,” Ungkap salah seorang Balon.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Luwu Timur, Halsen mengungkapkan jika nilai test tersebut berasal dari akumulasi beberapa test yang ada.

” Ada test kompetensi dasar, kemudian pengalaman pemerintahan, pengalaman organisasi, usia serta tingkat pendidikan. Nah, yang masuk dalam 5 besar ( Rangking 1 sampai 5) maka dialah yang akan lolos dan ditetapkan sebagai calkades,” Ungkap Halsen

Dia berharap, apapun hasilnya, seluruh peserta dapat menerimanya karena test yang dilakukan sangat transparan.

” Kita lihat saja nanti hasilnya. Kita hanya berharap seluruh tahapan Pilkades ini berjalan aman dan damai. Biarkan masyarakat memilih sesuai pilihan mereka. Jangan ada intimidasi dan sebagainya yang itu dapat mengganggu jalannya Pilkades ini.” Pungkasnya. (Red)