Menu

Mode Gelap
Panitia HUT Lutim ke-21 Gelar Rapat Perdana, Dipimpin Hamris Darwis Bupati Lutim Jawab Pandangan Umum Fraksi di DPRD Lutim Terkait Dua Hal Bupati Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Desa Puncak Indah Fraksi Golkar DPRD Lutim Dukung Ranperda KLA Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, Bupati Lutim Pimpin Apel Pagi Fraksi PDIP Sampaikan Pandangan Umum Terkait LKPj Bupati Lutim : Luar Biasa

MANCANEGARA · 9 Feb 2018 07:14 WITA · Waktu Baca

Wapres Sebut Masuknya Universitas Asing Lebih Efisien Dari Pada Kuliah ke Mancanegara

Solopos.com, DEPOK — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai rencana masuknya universitas dari luar negeri ke Indonesia lebih efisien dalam mengadopsi pendidikan yang lebih maju. Dia membandingkannya dengan mengirimkan mahasiswa Indonesia ke mancanegara menggunakan dana beasiswa pemerintah.

Dengan beroperasinya universitas asing di dalam negeri, katanya, kesempatan pelajar Indonesia lebih terbuka untuk merasakan pengalaman mengenyam pendidikan di perguruan tinggi asing dengan kualitas terbaik di dunia.

“Triliunan kita [pemerintah] biayai [melalui program] LPDP. Mana yang lebih baik? Kita bawa sekolahnya ke sini sehingga lebih banyak anak yang bisa sekolah,” ujarnya di sela-sela acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2018 yang bertempat di Pusdiklat Kemendikbud, Depok, Jawa Barat, Rabu (7/2/2018).

JK menjelaskan dengan masuknya perwakilan resmi perguruan tinggi asing ke dalam negeri, akan mendorong praktisi pendidikan di Tanah Air bertukar ilmu dan memiliki pembanding dalam mengembangkan dunia pendidikan.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir mengatakan membuka peluang bagi universitas asing ternama untuk beroperasi di Indonesia.

Universitas luar itu nantinya harus menggandeng perguruan tinggi swasta di Indonesia. Dalam hal ini menteri pendidikan menekanan program studi prioritas diantaranya bidang sains, teknologi, keinsinyuran, matematika, bisnis, dan manajemen. Targetnya ada sekitar 10 perguruan tinggi asing yang akan beroperasi di Indonesia pertengahan 2018.

 

sumber : http://www.solopos.com/2018/02/07/wapres-sebut-masuknya-universitas-asing-lebih-efisien-daripada-kuliah-ke-mancanegara-892462

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

CEO PT Vale Bicara Penurunan Limbah dan Emisi pada Talkshow KHLK di COP-28 Dubai

7 Desember 2023 - 10:13 WITA

Vale Indonesia

CEO PT Vale di COP 28 Dubai Tegaskan Komitmen Menjadi Perusahaan Rendah Karbon Terdepan di Dunia

3 Desember 2023 - 10:41 WITA

Vale Indonesia

Vale Umumkan Kemitraan Strategis Bersama Manara Minerals dan Engine No. 1 untuk percepatan pertumbuhan bisnis Energy Transition Metals

2 Agustus 2023 - 12:57 WITA

Vale Indonesia

Jadi Pembicara di Jerman, Febriany Eddy : Vale Konsisten Jalankan Pertambangan Berkelanjutan

21 April 2023 - 10:06 WITA

Febriany Eddy

Bupati Luwu Timur Apresiasi Pementasan Teater La Galigo di Yogyakarta

26 September 2022 - 21:16 WITA

Trending di KABAR PEMDA