Menu

Mode Gelap
Wabup Akbar Hadiri Panen Hadiah Simpedes BRI Cabang Masamba Liga Voli Seselemba Dimulai, Camat Mangkutana : Perkuat Silaturahim PT. CLM Latih Warga Tentang Pengolahan Pupuk Kompos Pelatihan Kurikulum PT Vale: Kolaborasi untuk Pendidikan Berkualitas di Loeha Raya Sektor Pertanian Lutim Sumbang 21 Persen Pendapatan Daerah Lutim Kembali Raih WTP, Ini Harapan Ketua DPRD Luwu Timur

NASIONAL · 19 Jan 2019 12:08 WITA · Waktu Baca

Optimalisasi Ranperda Cagar Budaya, DPRD Lutim Timbah Ilmu di Sleman


					Optimalisasi Ranperda Cagar Budaya, DPRD Lutim Timbah Ilmu di Sleman Perbesar

Laporan : Rd

SLEMAN,Timuronline – Sektor Kebudayaan Kabupaten Luwu Timur diakui merupakan salah satu sektor yang cukup menarik. Bukan hanya beraneka ragam budaya yang mendiami Bumi Batara Guru, situs-situs budaya pun tersebar diberbagai wilayah.

Namun demikian, hal tersebut belum mendapatkan perhatian yang lebih. Hal itu disebabkan salah satunya, Peraturan daerah (Perda) terkait Cagar Budaya di wilayah ujung dari Propinsi Sulsel ini belum ada. Merujuk dari hal tersebut, DPRD Luwu Timur dipimpin langsung Ketua H.Amran Syam melakukan kunjungan kerja sekaligus berguru ke Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (17/01/19) kemarin.

” Tujuan berguru ke Sleman lebih rinci yakni belajar mengenai tata pengelolaan dan pelestarian cagar budaya dengan baik. Dengan adanya referensi, diharapkan ranperda yang sementara kami bahas di DPRD Lutim lebih optimal dalam penerapan di daerah,” Ujar Amran

Menurutnya situs-situs budaya di daerah perlu mendapatkan perhatian. Peran dan partisipasi masyarakat dibutuhkan dalam membantu pemerintah menentukan cagar budaya.

“Untuk mewujudkan Luwu Timur sebagai pusat kebudayaan memerlukan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap cagar budaya.” Ujarnya.

Perlu diketahui, Kabupaten Sleman sendiri telah memiliki Perda Nomor 15 tahun 2015 tentang pengelolaan warisan budaya dan cagar budaya. (Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sufriaty Budiman Hadiri Puncak peringatan HKG ke 52 dan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2024

18 Mei 2024 - 19:37 WITA

HKG

Izin Operasi PT. Vale Diperpanjang Hingga Tahun 2035

15 Mei 2024 - 20:23 WITA

Vale Indonesia

RUPSLB PT. Vale Tunjuk Emily Olson Sebagai Presiden Komisaris

28 Maret 2024 - 21:05 WITA

Vale Indonesia

CEO Vale Indonesia Dapat Penghargaan Most Powerful Woman

8 Maret 2024 - 20:23 WITA

Febriany Eddy

MIND ID, VCL dan SMM Tandatangani Perjanjian Jual Beli

27 Februari 2024 - 10:30 WITA

Vale Indonesia
Trending di NASIONAL