Menu

Mode Gelap
Wabup Akbar Hadiri Panen Hadiah Simpedes BRI Cabang Masamba Liga Voli Seselemba Dimulai, Camat Mangkutana : Perkuat Silaturahim PT. CLM Latih Warga Tentang Pengolahan Pupuk Kompos Pelatihan Kurikulum PT Vale: Kolaborasi untuk Pendidikan Berkualitas di Loeha Raya Sektor Pertanian Lutim Sumbang 21 Persen Pendapatan Daerah Lutim Kembali Raih WTP, Ini Harapan Ketua DPRD Luwu Timur

NASIONAL · 24 Jul 2018 05:36 WITA · Waktu Baca

Ini Tips Memilih Kriteria Wakil Rakyat


					Ini Tips Memilih Kriteria Wakil Rakyat Perbesar

Gambar : Ilustrasi (Int)

Timuronline – Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) masih sembilan bulan lagi atau tepatnya tanggal 19 April 2019 mendatang, namun proses pendaftaran Calon Anggota DPR/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota telah usai.

Meskipun tahapan kampanye belum dimulai, namun masyarakat tentunya sudah bisa melihat dan mengira-ngira siapa calon yang akan mereka pilih untuk menjadi wakil mereka 5 tahun kedepan.

Tak dipungkiri, masyarakat khususnya di Luwu Timur masih menggantungkan pilihan kepada mereka yang memiliki isi dompet tebal lantaran mengharapkan imbalan dari apa yang hendak mereka pilih. Ada yang memilih karena faktor kedekatan atau kekeluargaan, ada juga karena faktor partai, namun adapula yang menjatuhkan pilihan kepada mereka yang memang memiliki kapabilitas dan kapasitas yang mumpuni.

Itu hak masyarakat dalam memilih wakil mereka. Namun tahukah Anda, memilih wakil rakyat sama halnya menentukan masa depan daerah 5 tahun lamanya. Peran seorang anggota DPR sangat menentukan arah kebijakan yang akan dilakukan pemerintah. Jadi cukup jelas, peran dan fungsi seorang anggota DPR.

Berikut ini, Timuronline menyajikan tips cara memilih kriteria anggota DPR/DPRD :

  • Kenali latar belakang calon
  • Pelajari janji-janji politik yang ditawarkan calon. Jangan mudah terjebak dengan janji-janji manis sang calon yang pada akhirnya tak mampu dia laksanakan
  • Lihat track record calon, pengalaman di bidang organisasi dan sebagainya.
  • Memiliki integritas intelektual. Seorang calon wakil rakyat harus memiliki kompetensi keilmuan dan wawasan yang tinggi. Kemampuan ini tidak hanya dibuktikan dengan selembar ijazah atau gelar yang berderet panjang di depan atau di belakang namanya.
  • Jangan melihat karena faktor Partai dimana calon tersebut bernaung, tapi lebih utamakan pada figur
  • Terakhir mintalah petunjuk dari yang Maha Kuasa. (Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sufriaty Budiman Hadiri Puncak peringatan HKG ke 52 dan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2024

18 Mei 2024 - 19:37 WITA

HKG

Izin Operasi PT. Vale Diperpanjang Hingga Tahun 2035

15 Mei 2024 - 20:23 WITA

Vale Indonesia

RUPSLB PT. Vale Tunjuk Emily Olson Sebagai Presiden Komisaris

28 Maret 2024 - 21:05 WITA

Vale Indonesia

CEO Vale Indonesia Dapat Penghargaan Most Powerful Woman

8 Maret 2024 - 20:23 WITA

Febriany Eddy

MIND ID, VCL dan SMM Tandatangani Perjanjian Jual Beli

27 Februari 2024 - 10:30 WITA

Vale Indonesia
Trending di NASIONAL