Menu

Mode Gelap
Panitia HUT Lutim ke-21 Gelar Rapat Perdana, Dipimpin Hamris Darwis Bupati Lutim Jawab Pandangan Umum Fraksi di DPRD Lutim Terkait Dua Hal Bupati Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Desa Puncak Indah Fraksi Golkar DPRD Lutim Dukung Ranperda KLA Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, Bupati Lutim Pimpin Apel Pagi Fraksi PDIP Sampaikan Pandangan Umum Terkait LKPj Bupati Lutim : Luar Biasa

NASIONAL · 27 Mar 2019 01:30 WITA · Waktu Baca

Danau Matano Masuk Penyelamatan 15 Danau di Indonesia


					Danau Matano Masuk Penyelamatan 15 Danau di Indonesia Perbesar

Laporan : Rd

JAKARTA, Timuronline – Kesepakatan penyelamatan danau di Indonesia  adalah tindak lanjut Konferensi Danau Nasional Pertama pada tahun 2009 di Bali. Melalui kesepakatan ini, diharapkan penyelamatan danau bisa menunjukkan perubahan nyata karena dilakukan lintas sektor secara terintegrasi.

”Penyelamatan danau tidak hanya berkaitan dengan ekosistem dan fisik danau semata, namun berkaitan dengan penyelamatan generasi mendatang,” kata Sekertaris Daerah Luwu Timur, Bahri Suli didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertamanan, serta Kepala Bappelitbangda saat penandatanganan nota kesepahaman bersama para kepala daerah dengan Pemerintah pusat untuk bersama-sama menyelamatkan 15 Danau di Indonesia yang masuk dalam prioritas nasional di masing-masing daerah di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Selasa (26/03/19).

Dalam sambutannya, Menteri KLHK, Siti Nurbaya mengatakan, danau sangat penting sebagai sumber air minum, perikanan, transportasi, pusat keanekaragaman hayati, pengatur iklim, serta penjaga keseimbangan ekosistem. Bahkan, terkini, pariwisata pun menjadi pendekatan untuk merawat danau.

Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah pusat dalam upaya penyelamatan 15 danau yang menjadi prioritas nasional tersebut, maka dituangkan kedalam RPJMN 2014-2019.

Ke-15 danau tersebut adalah Toba, Singkarak, Maninjau, Kerinci, Rawadanau, Rawapening, Sentarum, Kaskade, Mahakam (Semayang, Melintang, Jeumpang), Limboto, Tondano, Poso, Matano, Tempe, Batur dan Sentani. (Red/Hms)

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

RUPSLB PT. Vale Tunjuk Emily Olson Sebagai Presiden Komisaris

28 Maret 2024 - 21:05 WITA

Vale Indonesia

CEO Vale Indonesia Dapat Penghargaan Most Powerful Woman

8 Maret 2024 - 20:23 WITA

Febriany Eddy

MIND ID, VCL dan SMM Tandatangani Perjanjian Jual Beli

27 Februari 2024 - 10:30 WITA

Vale Indonesia

Vale Optimalkan Digitalisasi untuk Tingkatkan Keselamatan

31 Januari 2024 - 19:11 WITA

Vale Indonesia

Ini Hasil RUPSLB Vale Setelah Matt Cherevaty Mundur

7 Desember 2023 - 10:22 WITA

Vale Indonesia
Trending di NASIONAL