Menu

Mode Gelap
Bupati Serahkan Bibit Padi dan Pupuk pada Acara Syukuran Panen Warga Lampenai Diskopar-KB Lolos ke Semifinal Sepakbola Bupati Lutim Cup Antar Instansi Ini Pendapat Akhir Bupati Lutim Terhadap Ranperda APBD 2023 Klinik Mata Malili Gelar Pelayanan Gratis Operasi Katarak Tiba di Tentena, Wakil Bupati Disambut Hangat Oleh Majelis Sinode GKST Sufriaty Budiman Buka Acara Tabligh Akbar dan Konsultasi Syariah

LIFESTYLE · 12 Sep 2018 04:29 WITA · Waktu Baca

Bahaya!!! Sering Telat Makan ? Ini Yang Akan Anda Alami


					Bahaya!!! Sering Telat Makan ? Ini Yang Akan Anda Alami Perbesar

Foto : Hellosehat

KESEHATAN,Timuronline – Karena kesibukan pekerjaan, seseorang terkadang lupa untuk menjaga kesehatan termasuk mengatur pola makan yang baik. 

Menyelesaikan pekerjaan sering dianggap lebih penting dari sekedar mengisi perut meski waktu makan sudah tiba. Yah, dalam waktu singkat mungkin hanya sebagian orang yang merasakan dampak telat makan. Namun lambat laun, Anda akan merasakan sebab dari Anda sering menunda waktu makan.

Dikutip dari beberapa situs Hellosehat.com, Timuronline menyajikan beberapa hal yang akan Anda alami jika telat makan :

1. Gampang lelah

Menurut Evelyn Tribole, penulis buku Eating on the Run, pasokan glukosa pada otak menjadi terganggu dalam waktu 4-6 jam sejak jam makan terakhir. Saat pasokan level glukosa rendah, berarti tubuh jadi kurang efisien untuk menjalankan fungsi normalnya.

Nah, jika ini terjadi, Anda akan lebih rentan mengalami kelelahan, lemah, lesu, dan bahkan jadi sering murung. Hal ini dikarenakan gula darah yang rendah akan mempengaruhi memori, konsentrasi dan juga kinerja mental atau fisik Anda.

2. Metabolisme melambat

Metabolisme tubuh akan terus berjalan meskipun jila Anda sedang dalam kondisi beristirahat. Fungsinya untuk membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi. Tingkat metabolisme tubuh ini ditunjang oleh asupan kalori. Itu sebabkan Anda mengonsumsi kalori dengan jumlah cukup untuk menunjang proses pembakaran energi.

Nah, jika Anda telat makan, maka secara otomatis metabolisme tubuh jadi ikut melambat untuk menyimpan kalori dalam tubuh agar bisa dibakar dalam waktu yang lama. Dampaknya, Anda akan merasakan lemas dan tak bertenaga, sehingga aktivitas lainpun jadi ikut terganggu.

3. Sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome)

Makan teratur memiliki banyak manfaat untuk fisik dan juga pencernaan. Tapi, Banyak orang kerap menunda bahkan melewatkan waktu makan karena berpikiran hal tersebut bisa jadi jalan menurunkan berat badan. Padahal, hal ini justru berbahaya. Pasalnya, telat makan bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti irritable bowel syndrome yang mengacu pada kumpulan gejala kronis distress lambung, termasuk kram perut dan nyeri, sembelit atau diare, serta kembung. Penyakit ini bisa disebabkan akibat adanya iritasi pada usus yang disebabkan karena pola makan yang salah.

4. Tukak lambung atau radang lambung

Selain perut kram, penyakit berbahaya lain yang bisa muncul jika Anda sering telat makan adalah tukak lambungatau peradangan pada lambung. Dalam kasus ini, lambung terluka atau mengalami iritasi yang ditimbulkan oleh cairan lambung pada mukosa lambung. Gejala yang terjadi, umumnya Anda akan mengalami nyeri hebat yang menjalar hingga ke ulu hati setelah makan.

Seperti diungkapkan dalam Journal of the American Medical Association, stress akibat melewatkan waktu makan dan jam tidur yang salah berkontribusi meningkatkan beban asam duodenum atau usus 12 jari, yang menjadi penyebab berkembangnya atau memperburuk gejala penyakit tukak lambung.

5. Stress

Sering mengalami nyeri pada perut dan melewatkan waktu makan bisa jadi sebagai tanda-tanda bahwa Anda mengalami stress. Hal ini dikarenakan, saat berhadapan dengan faktor stress secara fisik maupun mental, tubuh akan merespon dengan reaksi perlawanan alami. Seperti diungkapkan oleh Georgetown University Helath Education Services, bahwa bentuk-bentuknya bisa seperti lupa makan, sakit kepala, cemas dan mengalami kram perut.

Jadi, bila Anda sering melupakan waktu makan, bisa jadi pertanda sedang mengalami stress. Untuk itu cobalah makan teratur, selain meningkatkan energi juga dapat meningkatkan energi positif dalam diri Anda. (Red/Hellosehat)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Nindara Cafe Gelar Pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata, Ini Syaratnya

6 September 2022 - 08:25 WITA

Nindara Cafe

Sosok AKP. Jamal Ansar : Belasan Tahun Bertugas, Kini Jadi Orang Ke-tiga di Polres Lutim

12 Juli 2022 - 16:38 WITA

AKP. Jamal Ansar

Febriany Eddy Masuk Kategori Perempuan Paling Berpengaruh dan Inspiratif

15 Juni 2022 - 11:33 WITA

CEO Vale Masuk Kategori Perempuan Paling Berpengaruh dan Inspiratif

Gowes Malam di Malili Diikuti Ratusan Warga, Anak-Anak Hingga Orang Tua

12 Juni 2022 - 05:27 WITA

Gowes Malam di Malili Diikuti Ratusan Warga, Anak-Anak Hingga Orang Tua

Milanisti Lutim Nobar dan Rayakan Kemenangan Scudetto Milan

23 Mei 2022 - 01:04 WITA

Milanisti Lutim Nobar dan Rayakan Kemenangan Scudetto Milan
Trending di KABAR PEMDA