Menu

Mode Gelap
Vale Teguhkan Komitmen Keberlanjutan di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 Vale Indonesia Gelar RUPST, Wakil Presiden Direktur Berganti Bupati Budiman Serahkan Bantuan Pupuk dan Kendaraan Dinas DPRD Lutim Terima 1 Buah ranperda Tahap II Tahun 2024 Bupati Luwu Timur Serahkan Bantuan Alsintan Tahun 2024 Bupati Luwu Timur Buka Turnamen Sepakbola Nickel Cup VIII

SULSEL · 18 Agu 2018 03:05 WITA · Waktu Baca

PKM 2018 akan Sajikan Sesuatu yang “Beda”


					PKM 2018 akan Sajikan Sesuatu yang “Beda” Perbesar

  • Laporan : Muh. Ervin Saputra
  • Editor  : Gusti Oka
MAKASSAR, TimurOnline,- Ajang tahunan dan terbesar komunitas se-Makassar, Pesta Komunitas Makassar (PKM) 2018 tinggal menghitung hari. Event Kolaborasi yang melibatkan ratusan komunitas ini dijadwalkan dihelat pada 25-26 Agustus 2018 di Benteng Fort Rotterdam, Kota Makassar.
 
Ketua Panitia PKM 2018, Muhammad Norman Masmur mengungkapkan, ada tiga tujuan digelarnya PKM yakni pertama, sebagai wadah silaturahim bagi komunitas se-Makassar, kedua, sebagai ruang bagi komunitas untuk berbagi ide-ide kreatifnya kepada warga Makassar. 
 
“Yang ketiga, sebagai sarana pencitraan positif Kota Makassar, dimana selama ini publik Indonesia menganggap anak muda Makassar berkarakter kasar dan anarkis, nah, image itulah yang ingin kita ubah dengan memperlihatkan kepada publik bahwa sekarang ini anak muda di Makassar lebih senang berkegiatan positif lewat wadah komunitas,” tambahnya.
 
Terkait pihak pelaksana yang dilibatkan dalam penyelenggaraan nantinya, Norman menyebutkan, jumlah kepanitiaan sebanyak 200 orang, sedangkan komunitas yang terlibat yakni 353 komunitas, 58 performer, 23 UKM kreatif, dan dua komunitas dari luar Makassar yakni Kendari dan Ternate.
 
“Di tahun ini kami menargetkan traffic pengunjung selama dua hari pelaksanaan PKM sebanyak 10.000 pengunjung,” ungkap Norman, saat sesi konferensi pers PKM 2018 di Hotel Citadines Makassar, Sabtu, 18 Agustus 2018.
 
Sementara itu, M Ramli selaku Koordinator Divisi Acara PKM 2018 mengatakan, sudah ada 4 pra-event yang diadakan divisi acara jelang hari pelaksanaan nantinya. Keempat pra event itu dikemas dalam bentuk Coaching Class bertema “Kelas Keren”.
 
“Pra event terakhir yang akan kami gelar adalah Car Free Day (kumpul komunitas). Di hari H nantinya kami akan tampilkan pagelaran booth komunitas, penampilan telent dari kolaborasi komunitas, dan ‘massipulung’ atau bincang seru komunitas kreatif se-Makassar,” terangnya.
 
Yang membedakan PKM tahun 2018 ini dan di tahun lalu, kata Ramli, untuk tahun ini komunitas fotografi dan videografi akan berkolaborasi di lokasi PKM. Panitia akan menyiapkan area “Mini Gallery” khusus untuk kolaborasi komunitas fotografi dan videografi.
 
Hal lain yang akan ditampilkan oleh panitia pelaksana di lokasi nantinya adalah Pasar Kenangan.
 
“Pasar kenangan ini tujuan sebenarnya adalah untuk sosial. Terus ada juga War Zone, dimana war zone ini nantinya melibatkan gabungan komunitas yang mengarah ke games sport, seperti air soft gun. Dan ada juga donor darah yang bekerjasama dengan PMI di hari H nantinya,” kata Ramli.
 
Dan yang terakhir, lanjut Ramli, adalah deklarasi Makassar Creative and Community Network (MCCN) yang akan diresmikan di Pesta Komunitas Makassar 2018. (Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

11 Peserta MTQ Lutim Lolos Final, Bupati Budiman Beri Semangat Langsung di Takalar

7 Mei 2024 - 22:16 WITA

MTQ Takalar

Buka Puasa Bersama KKLT Lutim, Wakil Bupati Sebut Kontribusi PT Vale Besar Dalam Pengembangan SDM

9 April 2024 - 18:34 WITA

Vale Indonesia

Pj Gubernur Sulsel Apresiasi PT Vale atas Dukungan Gerakan Sedekah Bibit dan Penghijauan

29 Maret 2024 - 20:13 WITA

Vale Indonesia

Bagikan Bingkisan ke 500 Anak Yatim dan 100 Panti Asuhan, PT Vale Dukung Program Amaliah Ramadan

19 Maret 2024 - 19:52 WITA

Vale Indonesia

Cegah Narkoba di Lingkungan Karyawan, PT Vale Teken MoU dengan BNN Sulawesi Selatan

9 Maret 2024 - 20:40 WITA

Vale Indonesia
Trending di SULSEL