Menu

Mode Gelap
Wabup Akbar Hadiri Panen Hadiah Simpedes BRI Cabang Masamba Liga Voli Seselemba Dimulai, Camat Mangkutana : Perkuat Silaturahim PT. CLM Latih Warga Tentang Pengolahan Pupuk Kompos Pelatihan Kurikulum PT Vale: Kolaborasi untuk Pendidikan Berkualitas di Loeha Raya Sektor Pertanian Lutim Sumbang 21 Persen Pendapatan Daerah Lutim Kembali Raih WTP, Ini Harapan Ketua DPRD Luwu Timur

SULSEL · 26 Apr 2018 02:48 WITA · Waktu Baca

PeLKB se-Sulsel Masuk Lorong, Ini Tujunnya


					PeLKB se-Sulsel Masuk Lorong, Ini Tujunnya Perbesar

MAKASSAR,TimurOnline – Para Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PeLKB) se-Sulawesi Selatan, Rabu (25/04/18) selama dua setengah jam  ‘’menimba ilmu’’ di Lorong KB Maccini Sombala Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kegiatan mereka itu merupakan rangkaian acara Orientasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) bagi PeLKB se-Sulsel yang berlangsung 24-25 April 2018 di Hotel Aerotel Smile Makassar.

Kepala Institusi Masyarakat dan Penyuluh Dinas Pengendalian Penduduk (Dalduk) dan Keluarga Berencana, Supardi, memberi mereka banyak informasi mengenai pengembangan dan pengelolaan Kampung KB.

“ Dinas Dalduk dan KB Kota Makassar setahun memperoleh anggaranRp 30 miliar dari APBD. Seksi saya saja memperolehRp 8 miliar lebih,’’ kata Supardi ketika menerima para PeLKB se-Sulsel di Rumah Dataku Kampung KB Maccini Sombala Kec. Tamalate Makassar.

Setiap PLKB, imbuh Supardi, diberikan stimulasi dana Rp 500 ribu per bulan dengan syarat harus mampu memperoleh tambahan 4 akseptor KB baru dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Program ini sukses karena adanya komitmen pemerintah dan dukungan partisipasi masyarakat serta kerja keras PeLKB.

Keberhasilan Kampung KB Maccini Sombala, ujar Supardi, tidak dapat dilepaskan dari peran Kaharuddin Dg Masang, yang ikut berpartisipasi dengan meminjamkan lokasinya untuk dibanguni Rumah Data. Pria berkumis dan berambut panjang tersebut memimpin sejumlah institusi internal Kampung KB Maccini Sombala, seperti Koperasi Jaya Mandiri Tamalate, Panti Asuhan, Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat (FKPM).

“ Daeng Masang ini tokoh masyarakat dan juga tokoh adat,” Kata Supardi, alumnus Universitas Muhammadiyah Makassar tahun 1989 yang segera ‘’dibanjiri’’ pertanyaan para PeLKB.

Dalam kunjungan lapangan ini juga hadir Kepala Sub Seksi ADPIN BKKBN Sulsel, Mulianti dan staf, Ketua IPKB Sulsel, M.Dahlan Abubakar dan sejumlah pengurus IPKB Sulsel. Sementara Supardi didampingi PeLKB dan para Ibu Kader KB.

Kepala Bidang Advokasi dan Penggerakan Informasi (ADPIN) BKKBN Sulsel, Amirullah Hamzah ketika menutup kegiatan ini mengharapkan acara orientasi ini member manfaat bagi para peserta dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

“ Pada masa yang akan dating kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan,’’ kunci Amirullah Hamzah.(Redaksi)

 

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

11 Peserta MTQ Lutim Lolos Final, Bupati Budiman Beri Semangat Langsung di Takalar

7 Mei 2024 - 22:16 WITA

MTQ Takalar

Buka Puasa Bersama KKLT Lutim, Wakil Bupati Sebut Kontribusi PT Vale Besar Dalam Pengembangan SDM

9 April 2024 - 18:34 WITA

Vale Indonesia

Pj Gubernur Sulsel Apresiasi PT Vale atas Dukungan Gerakan Sedekah Bibit dan Penghijauan

29 Maret 2024 - 20:13 WITA

Vale Indonesia

Bagikan Bingkisan ke 500 Anak Yatim dan 100 Panti Asuhan, PT Vale Dukung Program Amaliah Ramadan

19 Maret 2024 - 19:52 WITA

Vale Indonesia

Cegah Narkoba di Lingkungan Karyawan, PT Vale Teken MoU dengan BNN Sulawesi Selatan

9 Maret 2024 - 20:40 WITA

Vale Indonesia
Trending di SULSEL