Menu

Mode Gelap
Wabup Akbar Hadiri Panen Hadiah Simpedes BRI Cabang Masamba Liga Voli Seselemba Dimulai, Camat Mangkutana : Perkuat Silaturahim PT. CLM Latih Warga Tentang Pengolahan Pupuk Kompos Pelatihan Kurikulum PT Vale: Kolaborasi untuk Pendidikan Berkualitas di Loeha Raya Sektor Pertanian Lutim Sumbang 21 Persen Pendapatan Daerah Lutim Kembali Raih WTP, Ini Harapan Ketua DPRD Luwu Timur

SULSEL · 11 Sep 2018 11:10 WITA · Waktu Baca

FIB Unhas Gelar Pelatihan Penulisan di Pangkep, Ini Tujuannya


					FIB Unhas Gelar Pelatihan Penulisan di Pangkep, Ini Tujuannya Perbesar

  • Laporan : Mda

Foto : Tim Penyuluh

PANGKEP, Timuronline – Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas, selama dua hari, 7-8 Agustus 2018 menggelar Penyuluhan, Pelatihan, dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah
bagi paran guru SMP se-Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Kegiatan itu merupakan bagian dari pengabdian masyarakat rutin yang dilakukan para dosen Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas.

Tim yang menyuluh terdiri atas: Dr.Ikhwan M.Said selaku Ketua, dengan para anggota H.Hasan Ali, Dr.Hj Asriani Abbas, Jasmani Tahir, Dr.Hj Nurhayati, dengan sejumlah mahasiswa yang membantu di bagian administrasi.

Kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Labakkang Pangkep dengan 31 peserta yang pada umumnya sudah menyandang golongan IV. Mereka ini terkendala naik pangkat karena kesulitan menyusun karya ilmiah yang menjadi salah satu syarat yang diperlukan.

Materi yang diberikan terdiri atas motivasi menulis, pemilihan, penentuan, dan perumusan tema, topik, dan judul, penyusunan kerangka tulisan, dan sistematika penulisan. Ikhwan M.Said menjelaskan, pemilihan lokasi penyuluhan dilatari mengingat banyak guru yang terkendala naik pangkat dan golongan akibat tidak adanya karya tulis ilmiah mereka.

Kepala SMP Negeri 1 Labakkang Muhammad Arief, yang membuka dan menutup kegiatan mengatakan, selama ini para guru mengalami kendala dalam pengembangan kariernya, karena sulitnya memenuhi syarat kenaikan pangkat dan golongan. Salah satu di antaranya adalah berkaitan dengan karya tulis ilmiah. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dan mengaku banyak memperoleh informasi dari kegiatan ini. Bahkan mereka menilai,
kegiatan seperti ini pertama kali mereka ikuti. Pada hari kedua kegiatan, hadir Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Pangkep, Mashuri yang ikut memberikan suport kepada para peserta. (Redaksi).

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

11 Peserta MTQ Lutim Lolos Final, Bupati Budiman Beri Semangat Langsung di Takalar

7 Mei 2024 - 22:16 WITA

MTQ Takalar

Buka Puasa Bersama KKLT Lutim, Wakil Bupati Sebut Kontribusi PT Vale Besar Dalam Pengembangan SDM

9 April 2024 - 18:34 WITA

Vale Indonesia

Pj Gubernur Sulsel Apresiasi PT Vale atas Dukungan Gerakan Sedekah Bibit dan Penghijauan

29 Maret 2024 - 20:13 WITA

Vale Indonesia

Bagikan Bingkisan ke 500 Anak Yatim dan 100 Panti Asuhan, PT Vale Dukung Program Amaliah Ramadan

19 Maret 2024 - 19:52 WITA

Vale Indonesia

Cegah Narkoba di Lingkungan Karyawan, PT Vale Teken MoU dengan BNN Sulawesi Selatan

9 Maret 2024 - 20:40 WITA

Vale Indonesia
Trending di SULSEL