Unhas Bertahan 9 Terbaik

oleh -0 views

Laporan : Mda / TO

MAKASSAR,TimurOnline Universitas Hasanuddin (Unhas) bertahan pada posisi ke-9 dari 100 perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik Indonesia 2017 yang dirilis Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).  Unhas menjadi satu-satunya perguruan tinggi negeri (PTN) yang di luar Jawa yang masuk sepuluh besar PTN terbaik.Perguruan Tinggi Negeri yang berjuluk ‘’Kampus Merah’’ itu tahun 2016 juga berada di peringkat yang sama, ke-9.

Urutan teratas PTN terbaik Indonesia masih dipegang Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, berturut-turut di susul InstitutTeknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Unhas Makassar, dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Universitas Negeri Makassar (UNM) di kelompok 100 PTN/S terbaik ini berada di peringkat ke-28. Bekas IKIP Ujungpandang ini mengalahkan Universitas Negeri Surabaya yang sebelumnya juga IKIP dan Universitas Kristen Patra Surabaya di kelompok 30 besar.

Di jajaran perguruan tinggi swasta (PTS),  Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menempati peringkat ke-59 terbaik se- Indonesia. UMI yang sudah mengantongi akreditasi A, merupakan satu-satunya PTS di luar Jawa yang masuk dalam duapuluh besar PTS terbaik. Bahkan UMI mampu mengalahkan PTN seperti Universitas Negeri Padang,  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Universitas Palangkaraya,Universitas Trunojoyo Madura, Nusa NusaCendana (Uncen) Kupang.

Di kelompok Politeknik, Politeknik Negeri Ujungpandang berada di peringkat ke-12 di bawah Politeknik Negeri Padang. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya memuncaki peringkat kelompok perguruan tinggi diploma tiga ini.  Sementara Politeknik Pertanian (Politani) Pangkep berada di peringkat ke-15 dari 25 politeknik negeri. (Redaksi).

BACA JUGA :  Kapolri Keluarkan Maklumat Terkait Protokol Kesehatan, Ini Isinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *