Timur Online – Pertama di Luwu Raya

Perhimpunan INTI Gelar Lokakarya API

Sabtu, 17 Maret 2018 | 1:09 am
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 446

JAKARTA,Timuronline – Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bekerja sama dengan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) menggelar Lokakarya Agen Pembaharuan Indonesia (API) Pancasila di Hotel Hariston Jakarta Utara selama tiga hari, mulai Jumat (16/3) hingga 18 Maret 2018.

Ketua Bidang Pelatihan dan Kader Perhimpunan INTI Kurnia Setiawan mengatakan kepada Timuronline, Jumat(16/03/18) malam, lokakarya ini diikuti 48 peserta dari 10 daerah di seluruh Indonesia. Tujuannya, memberi pemahaman mengenai ideologi Pancasila kepada generasi muda Tionghoa yang kelak dapat diinseminasikan (ditularkan) di lingkungan masing-masing.

” Memang kami dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa mempunyai arah kepada kebangsaan (nasionalisme). Sejak tahun 2017, bertemu dan siknron dengan lembaga yang konsern dengan masalah itu, khususnya mempunyai tema Pancasila, yakni Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Sekarang berubah menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” kata Kurnia Setiawan.

Ketika badan itu baru dibentuk dan Perhimpunan INTI mempunyai konsern pada semangat kebangsaan bersama pimpinan ternyata kita memiliki titik temu, sehingga ada kerja sama. Format awal yang didikusikan dengan UKP Pancasila ketika itu, ternyata format itu belum ada. Mereka baru pernah ada dua kegiatan di Bogor dan di Jakarta. Itu pun bukan format kegiatan seperti ini. Justru mereka sangat terbuka.

” Jadi kita (INTI) ini sebagai inisiator membuat pelatihan atau di sini lokakarya tentang Pancasila,” kata Kurnia Setiawan.

Untuk saat ini, imbuh Kurnia Setiawan, masih terbatas pada kalangan internal atau kelompok pemuda Tionghoa, karena itu massa yang kita (INTI) punyai. Seluruh Indonesia juga dilibatkan, karena di cabang-cabang juga ada. Ke depan, diharapkan dan akan dibahas dengan UKP Pancasila. Kalau ini sudah dijalankan dan sukses, ini dapat dikembangkan pada lintas agama atau etnis.

” Kita akan bekerja sama dengan kelompok dari NU dan ormas muslim atau Kristen. Seandainya dari seluruh Indonesia juga dilaksanakan, kita juga siap bekerja sama dengan UKP Pancasila dan dapat jadi model,” katanya lagi.

Jumat malam memberikan materi antara lain Wakil Ketua Umum INTI, Budi S. Tanuwibowo dan Sekjen PP INTI Ulung Rusman. Kepala UKP Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latif, tidak sempat hadir dalam acara itu, tetapi hanya memberikan pengantar lokakarya melalui video. (mda/red).

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.  
error: oiii,,ga boleh copas
Lewat ke baris perkakas