Timur Online – Pertama di Luwu Raya

PeLKB se-Sulsel Masuk Lorong, Ini Tujunnya

Kamis, 26 April 2018 | 2:48 am
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 148

MAKASSAR,TimurOnline – Para Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PeLKB) se-Sulawesi Selatan, Rabu (25/04/18) selama dua setengah jam  ‘’menimba ilmu’’ di Lorong KB Maccini Sombala Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kegiatan mereka itu merupakan rangkaian acara Orientasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) bagi PeLKB se-Sulsel yang berlangsung 24-25 April 2018 di Hotel Aerotel Smile Makassar.

Kepala Institusi Masyarakat dan Penyuluh Dinas Pengendalian Penduduk (Dalduk) dan Keluarga Berencana, Supardi, memberi mereka banyak informasi mengenai pengembangan dan pengelolaan Kampung KB.

“ Dinas Dalduk dan KB Kota Makassar setahun memperoleh anggaranRp 30 miliar dari APBD. Seksi saya saja memperolehRp 8 miliar lebih,’’ kata Supardi ketika menerima para PeLKB se-Sulsel di Rumah Dataku Kampung KB Maccini Sombala Kec. Tamalate Makassar.

Setiap PLKB, imbuh Supardi, diberikan stimulasi dana Rp 500 ribu per bulan dengan syarat harus mampu memperoleh tambahan 4 akseptor KB baru dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Program ini sukses karena adanya komitmen pemerintah dan dukungan partisipasi masyarakat serta kerja keras PeLKB.

Keberhasilan Kampung KB Maccini Sombala, ujar Supardi, tidak dapat dilepaskan dari peran Kaharuddin Dg Masang, yang ikut berpartisipasi dengan meminjamkan lokasinya untuk dibanguni Rumah Data. Pria berkumis dan berambut panjang tersebut memimpin sejumlah institusi internal Kampung KB Maccini Sombala, seperti Koperasi Jaya Mandiri Tamalate, Panti Asuhan, Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat (FKPM).

“ Daeng Masang ini tokoh masyarakat dan juga tokoh adat,” Kata Supardi, alumnus Universitas Muhammadiyah Makassar tahun 1989 yang segera ‘’dibanjiri’’ pertanyaan para PeLKB.

Dalam kunjungan lapangan ini juga hadir Kepala Sub Seksi ADPIN BKKBN Sulsel, Mulianti dan staf, Ketua IPKB Sulsel, M.Dahlan Abubakar dan sejumlah pengurus IPKB Sulsel. Sementara Supardi didampingi PeLKB dan para Ibu Kader KB.

Kepala Bidang Advokasi dan Penggerakan Informasi (ADPIN) BKKBN Sulsel, Amirullah Hamzah ketika menutup kegiatan ini mengharapkan acara orientasi ini member manfaat bagi para peserta dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

“ Pada masa yang akan dating kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan,’’ kunci Amirullah Hamzah.(Redaksi)

 

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.  
error: oiii,,ga boleh copas
Lewat ke baris perkakas