Media Gathering Pers – Pemda Lutim, Data Untuk Wartawan Harus Terbuka

oleh -4 views
Rifal Dj, Pimred Timuronline saat memberikan pertanyaan dan usulan dalam kegiatan Media Gathering Pers - Pemda Lutim

Laporan : Rs 

Rifal Dj, Pimred Timuronline saat memberikan pertanyaan dan usulan dalam kegiatan Media Gathering Pers – Pemda Lutim

LUWU TIMUR,Timuronline – Untuk kali ketiga, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mengundang segenap jurnalis yang berugas di Kabupaten Luwu Timur dalam rangka Media Gathering yang dilaksanakan di Warkop Mattimpa Desa Ussu, Kecamatan Malili, Minggu (22/12/19) malam.

Dalam acara yang dihadiri langsung Sekertaris Daerah (Sekda) Luwu Timur, Bahri Suli, Anggota DPRD Lutim, Alpian, Asisten Setdakab, Kepala Dinas Kominfo, Masdin serta beberapa Kepala OPD, juga dihadiri puluhan media baik media cetak maupun daring.

” Kegiatan ini bertujuan agar pertama sinergitas antara para awak media dengan pemerintah tetap berjalan dengan baik. Kami Pemerintah sebagai pelayan masyarakat dapat diback up oleh media dalam penyebarluasan informasi atau berita kepada khalayak banyak. Kedua, tentu kami berharap  pula, teman-teman para jurnalis tetap memberikan kritikan namun tentunya dibarengi dengan solusi agar daerah ini bisa terkemuka seperti visi dan misi Bapak Bupati dan Wakil Bupati kita,” Ungkap Masdin, mengawali acara tersebut.

Sementara itu, Bahri Suli dalam arahannya mengingatkan kepada para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar selalu terbuka kepada para awak media yang ingin meminta data terkait kinerja pemerintah dalam capaian 119 program yang telah ditetapkan pemerintah

” Tentu publik melalui peran media, wajib mengetahui perkembangan program yang telah dan sementara berjalan. Data-data harus kita beberkan, kecuali sifatnya itu rahasia. Sekarang era keterbukaan informasi, semua wajib dipublis agar masyarakat tahu, kita kerja atau tidak, program yang telah dicanangkan berhasil atau tidak,” Terang Bahri Suli

Namun demikian, untuk memperoleh sebuah informasi yang berimbang, Bahri Suli berharap rilis yang dibuat oleh rekan-rekan media khususnya terkait berita kontrol, tetap harus mengedepankan yang namanya berita berimbang. Silahkan beritakan baik buruknya jalannya roda pemerintahan ini, namun perlu kita ingat, jangan lupa memuat konfirmasi kepada pihak yang kita beritakan. Jangan sepihak saja, ” harapnya.

BACA JUGA :  Husler Pamit Cuti Sebagai Bupati Luwu Timur

Dalam kesempatan itupula, beberapa perwakilan atau kepala OPD seperti Kadis Pendidikan, Pertanian, Kesehatan serta Kadis Parbudmudora memaparkan prospek perkembangan 119 program prioritas yang telah dicanangkan.

Hingga berakhirnya kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama 3 jam tersebut, keakraban tetap terlihat antara pemerintah dan para insan pers. Beberapa wartawan terlihat mendatangi beberapa Kepala OPD meminta data lanjutan dari apa yang telah dipaparkan untuk kebutuhan pemberitaan. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *