Mahasiswa Unhas di Makassar Ramai-ramai Pulkam, Ini Sebabnya

oleh -15 views
Unhas (Foto : Republika )

Laporan : Rs / Ikp

Editor : Rd

Unhas (Foto : Republika )

MAKASSAR,Timuronline – Menindak lanjuti penyebaran virus covid 19, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar untuk sementara waktu memberlakukan sistem kuliah online atau daring. Hal ini berlakuĀ  dari tanggal 16 Maret – 28 Maret 2020.

Melalui Surat Edaran tentang kesiap-siagaan dan upaya pencegahan penyebaran infeksi covid 19 di Lingkungan Universitas Hasanuddin yang ditujukan kepada sivitas akademika Unhas setidaknya memuat beberapa point. Hal ini diambil berdasarkan pernyataan resmi World Health Organization (WHO) tentang status pandemi kejadian infeksi covid-19.

Kondisi tersebut memaksa para mahasiswa khususnya yang berasal dari daerah ramai-ramai pulang kampung (Pulkam). Pada point ke-dua surat edaran tersebut mengatakan ” Pelaksanaan kegiatan pembelajaran terhitung tanggal 16 – 28 Maret 2020 dilaksanakan dengan kebijakan sebagai berikut :

  1. Kuliah tatap muka diharapkan dilakukan dengan pembelajaran online (daring) dengan memanfaatkan media online yang tersedia
  2. Kegiatan praktik seperti praktik laboratorium, praktik lapangan, praktik di industri dan praktik diberbagai institusi, dilakukan dengan menggunakan metodeĀ  lain tanpa pertemuan langsung atau dilakukan penjadwalan ulang yang disesuaikan dengan informasi perkembangan penularan infeksi covid-19
  3. Pimpinan fakultas dan program studi serta dan pimpinan lembaga penjaminan mutu dan pengembangan pendidikan agar memberikan dukungan para dosen untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran daring.

” Kalau tinggal di sini (Makassar,red) tanpa kegiatan pasti akan makan biaya banyak lagi. Lagian kampus sudah mengeluarkan surat edaran untuk kuliah dengan sistem online. Yah, mending pulang kampung klo begitu,” Ujar salah satu Mahasiswi Unhas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Ilmu Pemerintahan, Astrid Triana Fatri.

Lanjut mahasiswi asal Luwu Timur ini memperkirakan selain dirinya banyak juga mahasiswa lainnya yang akan balik kampung.

BACA JUGA :  Belajar Dari Rumah Diperpanjang hingga 3 Oktober 2020

” Sudah janjian dengan beberapa teman mau pulang kampung,” Tutupnya. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *