Lomba Perahu Naga di Malili Berlangsung Meriah, Hadiahnya 52 Juta Rupiah

Laporan : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline – Tradisi lomba perahu di Malili dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI tiap tahunnya kembali digelar. Lomba yang digelar di Sungai Malili ini berlangsung meriah dan di tonton ratusan bahkan ribuan warga yang menyaksikan secara langsung di sepanjang sungai Malili.

Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thorig Husler berkesempatan melepas peserta lomba dayung perahu naga dengan tabuhan gendang dan kibaran bendera start pada Kamis (15/08/19).

Lomba dayung perahu naga menurunkan 2 perahu dalam setiap satu kali lomba, dimana setiap regu beranggotakan 18 orang, masing-masing seorang penabuh gendang, 16 pendayung dan 1 orang juru mudi.

Dalam sambutannya sesaat sebelum melepas peserta lomba perahu naga, Bupati Luwu Timur menyampaikan apresiasi atas semangat dan kerja keras panitia dan para peserta untuk memeriahkan lomba dayung perahu naga. Menurutnya, kegiatan ini merupakan agenda tahunan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudmudora) serta Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kabupaten Luwu Timur.

“ Lomba ini, terkait dengan khasanah budaya dan kearifan lokal masyarakat yang ada di Kota Malili. Ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk kegiatan di tahun mendatang sebagai salah satu kegiatan olahraga dan pariwisata,” tuturnya.

Selain itu, Bupati meminta agar event ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi antara peserta lomba dengan Pemerintah daerah.

Sementara Panitia Penyelenggara, Hamris Darwis dalam laporannya menyampaikan, jumlah peserta yang telah mendaftar pada di event sebanyak 28 tim yang terdiri dari perwakilan Kecamatan, sejumlah Organisasi Masyarakat dan perwakilan Desa/Kelurahan se Kecamatan Malili. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan akan memperebutkan piala tetap serta uang pembinaan dengan total Rp. 52 juta bagi para juara.

“Untuk Juara I berhak mendapatkan Rp. 20 juta, Juara 2 Rp. 15 juta, Juara 3 sebesar Rp. 10 juta dan Rp. 7 juta untuk juara 4,” kata Hamris merincikan. (Red/Ikp)