Lantik 55 Anggota PPK, Ketua KPUD Lutim : Peran Mereka Sangat Penting

oleh -2 views

Laporan : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline – Setelah melalui beberapa tahapan perekrutan, akhirnya sebanyak 55 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Luwu Timur, Sabtu (29/02/2020) dilantik.

Ketua KPUD Lutim, Zainal yang memimpin jalannya pelantikan dan pengambilan sumpah PPK mengatakan tugas, wewenang dan kewajiban anggota PPK nantinya sangatlah penting. Betapa tidak, sebagai perpanjangan tangan KPU di tingkat kecamatan, PPK memiliki peran yang sangat strategis.

” Tugas mereka ini tertuang¬† dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum telah menggariskan Tugas, Wewenang, dan Kewajiban Panitia Pemilihan Kecamatan ,” Ungkap Zainal

Zainal mencontohkan, PPK memiliki tugas membantu KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap, membantu KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Pemilu, melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota, menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Kabupaten/Kota, mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh PPS di wilayah kerjanya serta banyak banyak tugas lainnya.

” Dari sederet tugas tersebut, PPK dituntut memiliki integritas yang tinggi, mampu bekerja sama dan tentunya bukan hanya sama-sama bekerja. Dan yang tak kalah pentingnya, memiliki tanggung jawab atas amanah yang telah diembannya,” Katanya.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, selain dihadiri oleh para komisioner KPUD Lutim, Bawaslu Lutim, juga turut hadir mewakili Bupati Luwu Timur, Assiten Pemerintahan Setdakab, Dohri Asari,  Wakapolres Luwu Timur, Kompol.Muh Rifai, para kepala OPD serta para camat se Kabupaten Luwu Timur.

” Selamat kepada 55 anggota PPK yang hari ini dilantik. Selamat bekerja, selanjutnya harapan kami perhelatan pemilu Bupati dan Wakil Bupati nantinya akan sukses dan tanpa hambatan satu pun,” Pungkasnya. (Red)

BACA JUGA :  Lada Luwu Timur Dapat Sertifikat IG dari Kemenkumham RI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *