Di Malili Sudah Ada Taman Manasik Haji, Lokasinya Disini

oleh -29 views

Laporan : Rs / Ikp

Editor     : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline –  Masyarakat Kabupaten Luwu Timur patut berbahagia. Pasalnya, Taman Manasik Haji yang berlokasi di Kantor Urusan Agama Kabupaten Luwu Timur telah resmi untuk digunakan.

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler didampingi Ketua DPRD Luwu Timur, H. Amran Syam, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Sulsel, H. Kaswad Sartoni dan Kepala Kantor Kementrian Agama Luwu Timur, H. Muhammad Nur Khalik, Minggu (19/07/2020).
 
Ide pembangunan tersebut merupakan inisiasi kepala Kemenag Luwu Timur dalam mengembangkan pelayanan Kementrian Agama terutama dalam pelayanan haji dan umrah. Nur Khalik menyampaikan, disekitar Taman Manasik Haji ini juga telah di tanami beberapa Pohon Durian. Jadi nantinya saat para calon jamaah haji sedang manasik haji juga bisa mencicipi Durian langsung dari pohonnya.
 
Sedangkan sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sulawesi Selatan yang diwakili Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Dr. H. Kaswad Sartoni, M.Ag mengatakan bahwa, dengan dirintisnya Taman Manasik Haji ini, Insya Allah pada tahun 2022 Pusat Pelayanan Haji dan Umrah juga akan dibangun di Luwu Timur.
 
Ia juga mengatakan, terkait tidak dilaksanakannya Ibadah Haji Tahun ini merupakan keputusan yang sangat sulit karena pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua kegiatan Haji harus sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat dari Pemerintah Arab Saudi.
 
“Hal itulah yang mendasari tidak dilaksanakannya ibadah Haji tahun ini,” katanya.
 
Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler mengucapkan selamat atas berdirinya Taman Manasik Haji Kemenag Luwu Timur. Semoga dengan adanya Taman Manasik Haji akan mempermudah adaptasi para calon jamaah Haji dalam melaksanakan haji kedepan. Kini tinggal pemanfaatan dan perawatan yang diharapkan benar-benar memberi maslahat bagi umat.
 
Perihal dengan ditundanya kegiatan Haji tahun ini, Bupati mendukung keputusan tersebut guna mencegah meluasnya pandemi Covid-19. Namun Husler juga meminta kepada Kemenag Sulsel agar kuota Haji untuk Luwu Timur ditambah karena permintaan Haji yang cukup tinggi.
 
Untuk penambahan fasilitas di taman manasik Haji, Husler meminta agar dibangun tempat simulasi pelayanan di pesawat terbang. Hal ini juga penting khususnya bagi jamaah calon Haji yang belum pernah menggunakan pesawat sebelumnya.
 
“Alhamdulillah, sekali lagi selamat atas peresmian Taman Manasik Haji ini. Manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk masyarakat. Bangga tentunya kita sudah memiliki Taman Manasik Haji,” tandas Husler.
 
Kawasan Taman Manasik Haji di Kementrian Agama Luwu Timur ini nantinya dilengkapi Kubah Ka’bah dengan tampilan hajar aswad dan beberapa lokasi penting seperti rukun Yamani, Hijir Ismail, Maqom Ibrahim, dll. (hms/ikp/kominfo)
BACA JUGA :  DPRD Lutim Koordinasi ke Kemenaker RI Soal BLK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *