Bincang Hangat Ala Bawaslu dan Awak Media di Lutim

oleh -32 views

Laporan : Rs

Editor     : Rd

LUWU TIMUR,Timuronline – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengundang belasan pewarta dari berbagai media cetak dan media online khususnya yang bertugas di Kabupaten Luwu Timur, Kamis (09/07/2020).

Undangan yang berlangsung di Kantor Bawaslu kawasan Punak Indah Malili tersebut, dalam rangka Rapat Koordinasi sekaligus silaturahim antara para komisioner Bawaslu dan pewarta.

Dalam pertemuan yang tetap mengikuti protokol kesehatan tersebut, Bawaslu Lutim memaparkan terkait sistem pengawasan dalam rangka menghadapi Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, bulan desember mendatang.

” Ada beberapa tahapan pemilu yang saat ini telah dan tengah berlangsung khususnya dari sisi pengawasan. Tak jarang, kami pihak Bawaslu juga mendapat laporan terkait adanya dugaan-dugaan pelanggaran. Semuanya kami tindak lanjuti sesuai prosedur dan mekanisme aturan yang berlaku di Negara ini. Namun demikian, tak selamanya apa yang dilaporkan itu, terbukti adanya. Kami juga tentu perlu bukti-bukti yang kongkrit sebagai dasar pelaporan tersebut,” Ujar Ketua Bawaslu, Rachman Atja membuka sambutannya.

Kata Rachman, peran para awak media juga sangat menentukan sukses tidaknya, aman tidaknya Pemilu itu berjalan. Informasi-informasi yang disampaikan wartawan, sangat mudah untuk diakses masyarakat luas, jadi tentu saja itu akan mempengaruhi pola pikir dan tindakan masyarakat.

” Olehnya itu, melalui kesempatan ini saya berharap, rekan-rekan wartawan bisa menyajikan informasi atau berita yang sifatnya soft atau berita yang tidak provokatif. Dan kalau perlu kita menjadi corong informasi terkait mungkin larangan-larangan dalam sebuah proses demokrasi, beritanya edukatif dan dapat memberi pencerahan, Harapnya.

Sementara itu, dua komisioner lainnya, Andi Sukmawati dan Zaenal pun mengharapkan keberadaan para awak media dapat bersinergi dengan Bawaslu baik itu dari sisi pengawasan dengan memberikan informasi-informasi terkait adanya dugaan pelanggaran maupun edukasi-edukasi kepada masyarakat agar bersama-sama menciptakan iklim yang kondusif sehingga Pemilu di Luwu Timur kembali berjalan damai dan aman.

BACA JUGA :  Ketua Komisi II DPRD Lutim : PAD Dari Perusahaan Tambang Dapat Dioptimalkan

Dalam kesempatan itu, beberapa pewarta pun memberikan beberapa pertanyaan kepada para komisoner Bawaslu hingga terjadi perbincangan – perbincangan hangat seputar Pemilu 2020 mendatang.

” Semoga kedepan, sinergitas antara teman-teman media dengan kami para komisioner Bawaslu dapat lebih ditingkatkan. Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kesempatan yang diberikan,” Pungkas Rachman (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *