Timur Online – Pertama di Luwu Raya

Jagoan 3 Bumbu, Kuliner Indonesia Bisa Bersuara Lantang Di Mancanegara

Jumat, 9 Februari 2018 | 7:21 am
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 157

JawaPos.com – Legenda kuliner Indonesia Sisca Soewitomo meyakini kuliner Indonesia mampu bertengger menjadi menu favorit di mancanegara. Dengan membawa senjata tiga penyedap rasaa yakni bumbu merah, bumbu kuning, dan bumbu putih, Sisca optimis kuliner Indonesia akan lebih tersohor.

Hal itu diungkapkannya Sisca ketika menjadi juri dalam program ‘Bango Penerus Warisan Kuliner 2018’, Rabu (7/2). Sisca mengatakan sejalan dengan perkembangan zaman, modifikasi kuliner Nusantara bisa saja terjadi. Namun, harus tetap fokus pada pakem yang menjadi ciri khas suatu hidangan.

“Artinya saat kita memodifikasi sebuah hidangan, kita tidak boleh melupakan unsur-unsur utama yang wajib ada di hidangan tersebut, misalnya bumbu dasar, teknik pengolahan, atau yang lainnya,” katanya. 

Sisca menegaskan pelaku kuliner nusantara harus membuat masakan Indonesia bersuara lantang di mancanegara. Terlebih, dengan kekayaan rempah-rempah di Indonesia yang mudah didapatkan.

“Senjata saya itu tiga bumbu yakni bumbu merah, putih dan kuning. Mau rawon bisa jadi bronkos tinggal ditambahi santan,” jelas Sisca.

Dulu, kata dia, banyak makanan yang disajikan dengan santan. Sebab, saat itu masih banyak pohon kelapa di daerah pantai. “Sekarang buka pintu rumah sudah apartemen dan mal. Santannya sudah berubah di kardus-kardus di mal,” ungkapnya tertawa.

Managing Director Unilever Foods Solutions, Thomas Agus Pamudji mengungkapkan Bango selalu konsisten mengedepankan misi sosial untuk melestarikan warisan kuliner Nusantara. Salah satu poin penting dari terwujudnya misi ini adalah adanya upaya nyata untuk melanjutkan pewarisannya kepada generasi penerus bangsa.

“Tanpa regenerasi yang kuat, kuliner Nusantara bisa hilang tergerus waktu dan era globalisasi. Hal ini menjadi sebuah tantangan namun juga peluang bagi generasi muda, khususnya mereka yang menekuni bidang wirausaha kuliner Nusantara,” papar Thomas.

 

sumber : https://www.jawapos.com/read/2018/02/07/186938/jagoan-3-bumbu-kuliner-indonesia-bisa-bersuara-lantang-di-mancanegara

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.  
Lewat ke baris perkakas