Timur Online – Pertama di Luwu Raya

Free Intake Tarabbi Aliri Ratusan Hektar Sawah di Manurung

Jumat, 23 Februari 2018 | 3:36 am
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 214

LUWU TIMUR,Timuronline – Proyek Pembangunan Free Intake atau jaringan irigasi tehnis yang dibangun atas kerja sama Millineum Challengge Account Indonesia (MCAI) melalui dana Hibah pemerintah Amerika serikat sebesar Rp 6 milyar tepatnya di hulu sungai Desa Tarabbi kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan akhirnya telah beroperasi.

Free intake itu mampu mengaliri sawah ratusan hektar di Desa Manurung Malili. Rampungnya irigasi tehnis yg diresmikan oleh Bupati Luwu Timur(Lutim), Kamis(22/02/18)) menjadi salah bentuk program MCAI dibidang pertanian.

Selain itu pula MCAI juga mekakukan reboisasi bantaran Sungai Cerekang mulai dari hulu hingga hilir sungai yang terbilang angker itu

MCAI menanami ribuan pohon sagu dan pohon yg bernilai ekonomis yang tersebar dibeberapa titik di dua Desa (Tarabbi dan Manurung red). Bupati Luwu Timur (Lutim),H.M.Thorig Husler yang didampingi ketua DPRD Lutim H.Amran syam, dalam sambutannya saat meresmikan free intake mengatakan bahwa jaringan irigasi tehnis yang dibangun oleh MCAI yang berpusat di Desa Manurung merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Lutim.

” Ini suatu rahmat bagi daerah dan masyarakat khususnya bagi petani di Desa manurung dan Desa Tarabbi. Program MCAI ini sejalan dengan program dan visi misi pemerintah daerah melalui program pertanian. Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada MCAI yang telah membangun jaringan irigasi tehnis di wilyah ini, termasuk program penanaman dan reboisasi sungai yang ditanami dengan pohon yg bernilai ekonomis,” ujar Husler.

Sementara pelaksana kegiatan free intake, Masbur kepada pewarta Timuronline mengatakan bahwa proyek intake ini dilaksanakan pembangunanya hingga rampung hanya 3 bulan

” Jaringan irigasi tehnis mendorong para petani di Desa Manurung dan Tarabbi untuk meningkatkan produksi atau hasil panennya. Jika sebelumnya petani di Manurung sulit mendapatkan air disaat kemarau kini tidak lagi karena intake ini dibangun di hulu sungai cerekang yang terletak di Desa Tarabbi,” kunci Masbur. (Jbr/Red/TO)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.  
Lewat ke baris perkakas