Timur Online – Pertama di Luwu Raya

Bawaslu Lutim Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Towuti, Ini Kata Pimred Timuronline

Kamis, 8 November 2018 | 12:20 pm
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 81

Laporan : Geby

LUWU TIMUR,Timuronline – ” Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu “, Demikian tema yang diangkat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur saat menggelar Sosialisasi Pengawasan  Partisipatif  Pemilu 2019 yang dihelat serentak dibeberapa kecamatan di Kabupaten Luwu Timur, salah satunya di Kecamatan Towuti.

Bertempat di Warkop Harapan Desa Wawondula, Towuti, Komisioner Bawaslu Luwu Timur, Zainal saat menyampaikan arahan di depan peserta sosialisasi mengatakan pengawasan partisipatif oleh warga, ormas serta media massa sangatlah diperlukan mengingat hal itu untuk mencegah pelanggaran-pelanggaran pemilu yang luput dari pengawasan Bawaslu sendiri.

” Sosialisasi ini kita lakukan tujuannya untuk lebih memaksimalkan kinerja Bawaslu yang dibantu oleh masyarakat serta ormas dan media massa dalam melakukan pengawasan pada pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang,” Ungkap Zainal

Dia berharap, dengan adanya pengawasan partisipatif ini, pelanggaran-pelanggaran pemilu yang akan digelar April 2019 mendatang bisa diminimalisir.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Media Timuronline.com, Rifal Djufri yang hadir sebagai salah satu pemateri dalam sosialisasi tersebut mengingatkan kepada seluruh peserta dan masyarakat Luwu Timur pada umumnya mengingat rangkaian tahapan pemilu 2019 sementara berjalan. Tentunya peluang terjadinya pelanggaran pun semakin terbuka.

” Media sebagai garda terdepan memberikan informasi kepada masyarakat tentunya ikut berperan dalam pengawasan pemilu. Namun demikian, saya sebagai pelaku media bukan hanya menitikberatkan pada sisi pengawasannya saja, melainkan sisi pencegahan sehingga pelanggaran-pelanggaran yang tidak kita ingin bersama tidak terjadi sehingga dapat menciderai pemilu ini,” Katanya

Dia menjelaskan bahwasanya diperbagai media marak diberitakan soal pelanggaran pemilu, namun kenyataannya hal itu tak membuat surut  oknum-oknum yang sengaja ingin memanfaatkan situasi tersebut.

” Nah, hari ini kita beritakan soal pelanggaran, terus besok, apakah sudah tidak ada pelanggaran. Itu tidak menjamin. Maka salah satu kiat yang saya rasa cukup baik, yakni bagaimana peran media dalam memberikan informasi atau sosialiasi terhadap masyarakat terkait bagaimana kita melaksanakan pemilu dengan damai dan aman tanpa adanya pelanggaran. Salah satu contoh, kita beritakan soal “haramnya” money politik menurut Undang-uadang, bagaimana kita memasang alat peraga kampanye yang baik dan sosialiasi-sosialiasi yang lain,” Ujarnya.

Selain Bawaslu Luwu Timur, Sosialiasi itu juga dihadiri Panwas Kecamatan Towuti dan Panwas Desa se-Kecamatan Towuti, Tokoh agama, pemuda, masyarakat dan beberapa ormas. (Redaksi)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.  
Lewat ke baris perkakas